Urgensi Ratifikasi Konvensi International Labour Organization Nomor 183 Tentang Perlindungan Maternitas di Indonesia

Mrs, Ela Aprilya Sandi (2023) Urgensi Ratifikasi Konvensi International Labour Organization Nomor 183 Tentang Perlindungan Maternitas di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ELA APRILYA SANDI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ela Aprilya Sandi, 2023: Urgensi Ratifikasi Konvensi International Labour Organization Nomor 183 tentang Perlindungan Maternitas di Indonesia.

Kata kunci: urgensi, ratifikasi, konvensi ILO No.183, perlindungan maternitas

Konvensi ILO Nomor 183 tentang perlindungan maternitas bagi pekerja perempuan dituangkan untuk memublikasikan kesetaraan semua pekerja perempuan, kesehatan dan keselamatan pekerja perempuan dan anaknya, dan untuk mengakui keragaman dalam pembangunan sektor sosial dan ekonomi, serta keragaman usaha, dan peningkatan perlindungan maternitas di dalam praktik nasional dan aturan hukumyang berlaku.
Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana perlindungan maternitas bagi pekerja buruh perempuan dalam konvensi ILO nomor 183? 2) Bagaimana implementasi perlindungan maternitas di Indonesia? 3) Apa alasan pentingnya meratifikasi Konvensi ILO No.183 tentang Perlindungan Maternitas di Indonesia?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perlindungan maternitas bagi pekerja buruh perempuan dalam konvensi ILO Nomor 183; 2) Menganalisis implementasi perlindungan maternitas di Indonesia; 3) Menjelaskan Alasan meratifikasi Konvensi ILO No.183 yang menjadi sangat urgent di Indonesia.
Untuk menemukan berbagai permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan studi hukum yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan berbagai ringkasan, membaca, menelah, mengaitkan, atau mengategorikan buku atau bahan lain untuk memperoleh bahan yang relevan. Untuk teknik analisis data menggunakan 3 teknik, yaitu teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan teknik verifikasi data. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik credibility, transferability, dan confirmability.
Penelitian ini memperoleh simpulan 1) Substansi dari Konvensi ILO No. 183 tentang perlindungan maternitas berisi tentang menjadikan cuti hamil sebagai salah satu dari empat komponen utama perlindungan maternitas; manfaat untuk kesehatan dan uang; asuransi kesehatan; serta keperawatan. 2) Implementasi ILO di Indonesia adalah membantu pemerintah, pekerja, pemberi kerja, pengusaha, dan organisasi pekerja lainnya (tripartite) melaksanakan konvensi ILO No.183 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia. 3) Urgensi ILO No.183 adalah pemerintah seharusnya sudah meratifikasi konvensi ini, bahkan beberapa serikat pekerja sudah mendesak DPR dan Eksekutif untuk segera meratifikasi konvensi ILO No.183 tersebut karena sudah seharusnya pekerja perempuan yang hamil mendapatkan perlakuan khusus di tempat kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180118 Labour Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mrs Ela Aprilya Sandi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:58
Last Modified: 13 Jul 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26813

Actions (login required)

View Item View Item