SIBLING RIVALRY DALAM SURAH YUSUF (KAJIAN TAFSIR LISAN CERAMAH BUYA YAHYA)

Dewi, Shofia susmita (2023) SIBLING RIVALRY DALAM SURAH YUSUF (KAJIAN TAFSIR LISAN CERAMAH BUYA YAHYA). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHOFIA SUSMITA DEWI_compressed.pdf

Download (918kB)

Abstract

Sibling Rivalry adalah persaingan antara adik dan kakak untuk memperebutkan kasih sayang, cinta atau perhatian dari salah satu atau kedua orang tuanya. Permasalahan tersebut sudah biasa terjadi dalam sebuah keluarga, bukan hanya terjadi pada masa sekarang melainkan sudah berabad-abad silam seperti pada kisah Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya agar dapat mengambil pelajaran di dalamnya.
Agar pembahasan dalam penelitian ini dapat lebih terstruktur, maka rumusan masalahnya adalah, bagaimana gambaran sibling rivalry dalam kisah Nabi Yusuf menurut ceramah Buya Yahya dalam teori Wacana Teun Van Djik?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana Teun A Van Djik. Analisis wacana Teun A Van Djik memiliki tiga dimensi yang menjadi objek penelitiannya yaitu teks, kognisi sosial dan analisis sosial. Teks merupakan susunan struktur teks yang ada di teks. Kognisi sosial merupakan pemahaman, pandangan serta kesadaran mental pembuat teks yang membentuk teks. Sedangkan analisis sosial merupakan pengetahuan mengenai kondisi yang berkembang di masyarakat yang berhubungan atas suatu wacana.
Jika dianalisa secara umum ceramah Buya Yahya dalam kisah Nabi Yusuf menyampaikan mengenai perselisihan antara saudara – saudaranya dengan Nabi Yusuf. Di antaranya yaitu rasa iri dan dengki yang dimiliki saudara-saudaranya atas perhatian ayahnya yang lebih sayang kepada Nabi Yusuf. Serta rencana untuk menyingkirkan Nabi Yusuf dari ayahnya.
Melalui startegi wacana Teun Van Djik, peneliti menemukan bahwa informasi dalam setiap kalimat yang terdapat dalam ceramah Buya Yahya berhubungan dengan informasi dalam kalimat lainnya serta memiliki unsur koherensi di dalamnya. Penyampaian informasi dalam ceramah Buya Yahya dikemas dengan gaya bahasa yang ekspresif dan sederhana, dimana audiens dengan mudah memahami isi ceramah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email shofiasusmitha@gmail.com
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:46
Last Modified: 13 Jul 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26814

Actions (login required)

View Item View Item