Implementasi Amsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Miftakhudin, Muhammad (2023) Implementasi Amsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD MIFTAKHUDIN_T20191243.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci:Implementasi Amsilati, Kemampuan Memembaca santri, Pondok Pesantren Al-Fadl
Pondok Pesantren Al-Fadl merupakan pondok pesantren yang terdapat di kecamatan Tegaldlimo kabupaten Banyuwangi. Pondok Al-fadl berdiri pada tahun 2016 yang didirikan oleh Drs. Kh Arifin Salam. Awalnya mula berdirinya pondok pesantren Al-Fadl sudah langsung menerapkan pembelajaran dengan buku Amsilati. Pondok pesantren Al-Fadl memang sengaja didirikan dan di design sebagai pondok modern yang mana para santri dalam kurun waktu 3 tahun sudah harus bisa membaca kitab kuning
Fokus penelitian skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Amsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasiAmsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Amsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasiAmsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penetapan subjek dilakukan secara purposive. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan tehnik.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Implementasi Amsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning bagi Santri Pondok Pesantren Al-Fadl Tegaldlimomemiliki 3 tahapan pembelajaran dimulai dari perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi 2) Faktor pendukung pembelajaran Amsilati di Pondok Pesantren Al-Fadl meliputi: Motivasi dari kyai dan diri sendiri, Teman, Tersedianya Buku lengkap Amsilati dan Sarana pra sarana yang memadai lainya, Mudahnya amsilati untuk dipahami dan tuntuan hafalan yang sedikit. Selain dari faktor pendukung tentunya ada juga faktor penghambat dalam proses implementasi Amsilati sendiri, diantaranya yaitu: Rasa Bosan dan malas, Kurang motivasi, Kesulitan Belajar, dan Smartphone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftah Muhammad Miftakhudin
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:26
Last Modified: 13 Jul 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item