Problematika Driver Ojek Online Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga Di Kabupaten Jember 2022

Nur Jannah, Syafira (2023) Problematika Driver Ojek Online Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga Di Kabupaten Jember 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYAFIRA NUR JANNAH_D20162012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syafira Nur Jannah, D20162012 Problematika Driver Ojek Online (Gojek) Perempuan Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga Di Kabupaten Jember Tahun 2022


Kata Kunci : Problematika Driver Ojek Online (Gojek), Kebutuhan Keluarga.

Era globaliasasi telah menimbulkan kompetisi dalam berbagai aspek kehidupan yang telah banyak memberikan dampak pada kehidupan perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam hal ini perempuan tidak hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga namun juga mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya melalui pekerjaan sebagai driver ojek online.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana problematika driver ojek online perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kabupaten Jember tahun 2022? 2) Bagaimana cara penyelesaian problematika driver ojek online perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kabupaten Jember tahun 2022? Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan problematika driver ojek online perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kabupaten Jember. 2) mendeskripsikan cara penyelesaian problematika driver ojek online perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kabupaten Jember.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif (Interactive Model of Analysis). Menganalisis problematika driver ojek online dan penyelesaian problematika driver ojek online. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) problematika driver ojek online perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga adalah tuntutan untuk bersikap adil dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di dalam maupun di luar rumah tangga. Kurangnya memahami aplikasi, kurangnya mengetahui alamat yang akan dituju, Musim hujan yang menghambat kinerja GPS yang digunakan, menghadapi pelanggan yang mengcancel orderan tanpa pemberitahuan, diremehkan karena dianggap tidak bisa mengantarkan orderan dalam jumlah banyak, tanggapan dari tetangga di sekitar serta pekerjaan yang rawan tindak kejahatan terutama tindak asusila.; 2) cara penyelesaian problematika driver ojek online perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga yaitu sebelum memutuskan menjadi ojek online, mereka meminta persetujuan dari pihak keluarga, menghadapi tantangan dan bisa menyelesaikannya, sebelum mengambil orderan mereka memeriksa dan memastikan orderan terlebih dahulu, memastikan dulu sebelum mengambil orderan, berfikir positif dan melakukan pekerjaan dengan sabar dan ikhlas serta percaya kalau rejeki tidak kemana yang penting sudah melakukan pekerjaan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syafira Nur Jannah
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:25
Last Modified: 13 Jul 2023 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26818

Actions (login required)

View Item View Item