Perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyusun, Mendirikan, dan Menyebarkan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember Periode 2022

Mustafidah, Ulvi Putri (2023) Perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyusun, Mendirikan, dan Menyebarkan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember Periode 2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulvi Putri Mustafidah_T20191095.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ulvi Putri Mustafidah, 2022: Perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyusun, Mendirikan dan Menyebarkan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember Periode 2022.

Kata Kunci: Perjuangan KH. Achmad Siddiq, Dzikrul Ghofilin.

Kitab Dzikrul Ghofilin merupakan salah satu kitab tentang amaliah ruhaniyah. Amaliah ini bisa dilakukan sendiri ataupun berjemaah di majelis Dzikrul Ghofilin. Majelis Dzikrul Ghofilin sudah berjalan bertahun-tahun lamanya dan sudah menjamur dimana-mana serta diikuti oleh banyak jemaah. Hal tersebut terjadi karena perjuangan besar dari semua tokoh penggagas Dzikrul Ghofilin, salah satunya KH. Achmad Siddiq.

Untuk mengetahui Perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyusun, Mendirikan, dan Menyebarkan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember periode 2022, maka, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyusun Dzikrul Ghoflin Kabupaten Jember periode 2022? (2) Bagaimana perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Mendirikan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember periode 2022? (3) Bagaimana perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyebarkan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember periode 2022? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyusun Dzikrul Ghoflin Kabupaten Jember periode 2022. (2) untuk mendeskripsikan perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Mendirikan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember periode 2022. (3) untuk mendeskripsikan perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam Menyebarkan Dzikrul Ghofilin Kabupaten Jember periode 2022.

Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan biografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data dari penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam menyusun Dzirkrul Ghofilin berawal ketika menerima ijazah dari KH. Abdul Hamid, kemudian Beliau mendapat amalan tambahan dari KH. Chamim Djazuli. Lalu, KH. Achmad Siddiq tambah dengan tawasul kepada 50 Waliyullah. Amalan selain daripada itu, semua dari usaha KH. Achmad Siddiq mengumpulkan dari berbagai sumber. Kedua, perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam mendirikan Dzirkrul Ghofilin dimulai dengan kegiatan majelis Dzikrul Ghofilin yang pertama kali di Mushalla PPI. As-Shiddiqi Putera Jember pada tanggal 1 Ramadhan 1393 H atau 28 September 1973 M. Majelis Dzikrul Ghofilin dilaksanakan seminggu sekali sesuai dengan arahan Gus Miek. Ketiga, perjuangan KH. Achmad Siddiq dalam menyebarkan Dzirkrul Ghofilin yaitu membuka majelis Dzikrul Ghofilin di luar pesantren. Lalu, para jemaah mengembangkan lebih lanjut di daerahnya masing-masing. Jemaahnya pun semakin bertambah setelah digabung dengan “Sema’an Al- Qur’an Mantaab” Penyebaran Dzikrul Ghofilin ini juga tidak kalah penting dari peran santri As-Shiddiqi Putera, banyak yang membuka majelis Dzikrul Ghofilin di daerah rumah masing-masing dan diikuti oleh banyak jemaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulvi Putri Mustafidah
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:54
Last Modified: 13 Jul 2023 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item