Upacara Rokat Pandhebeh di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso (1990-2022)

Rona Shofiyah, Naila Afnin (2023) Upacara Rokat Pandhebeh di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso (1990-2022). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
watermark_Naila Afnin Rona Shofiyah_U20194040 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Naila Afnin Rona Shofiyah, 2023. Upacara ”Rokat Pandhebeh” di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso (1990-2022).
Upacara Rokat Pandhebeh adalah tradisi turun-temurun yang telah melekat pada masyarakat Desa Jambewungu, ritual yang telah diyakini menghilangkan keburukan dan bala pada anak pandhebeh, upacara selamatan bagi anak-anak yang dilahirkan dalam kriteria tertentu yang harus di rokat pandhebeh jika anak tidak dirokat menurut keyakinan masyarakat akan dimakan Batara Kala. Upacara rokat pandhebeh bisa dilaksanakan kapan saja namun mayoritas masyarakat Desa Jambewungu melaksanakannya saat menjelang pernikahan.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana upacara rokat pandhebeh di Desa Jambewungu? (2) Bagaimana perkembangan rokat pandhebeh di Desa Jambewungu?. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan upacara rokat pandhebeh yang ada di Desa Jambewungu dan untuk mendeskripsikan perkembangan upacara rokat pandhebeh di Desa Jambewungu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi. Sumber datanya berdasarkan wawancara dan sumber-sumber sekunder berupa buku, skripsi dan jurnal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial oleh Max Weber.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa asal usul upacara rokat pandhebeh di Desa Jambewungu belum diketahui secara pasti, masyarakat tidak mengetahui siapa pertama yang melaksanakan dan dari mana asal rokat pandhebeh itu tapi upacara rokat pandhebeh tetap dilaksanakan sampai sekarang, meskipun masyarakat tidak mengetahui secara pasti namun ada motif dan alasan dalam melakukan tindakan tersebut. Tradisi ini merupakan warisan dari nenek moyang pasti akan mengalami perubahan baik perubahan secara cepat maupun lambat dengan seiring perkembangan zaman. Seperti pada sebelum tahun 1990 upacara rokat pandhebeh tetap mempertahankan tradisi yang asli tidak mengalami perubahan sedangkan pada tahun 2000an sudah mengalami perubahan perlengkapan upacara rokat pandhebeh bisa diganti dengan uang (panebbus) kepada tukang rokat.
Kata Kunci: Rokat Pandhebeh, Tradisi, Perubahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210299 Curatorial and Related Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Unnamed user with email nailaafninronashofiyah@gmail.com
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:05
Last Modified: 13 Jul 2023 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item