PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR HURUF DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL ABJAD PADA PESERTA DIDIK KELAS I MI BUSTANUL MUBATDIIN KETAPANG-BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kharimah, Ma'rifatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR HURUF DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL ABJAD PADA PESERTA DIDIK KELAS I MI BUSTANUL MUBATDIIN KETAPANG-BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Ma'rifatul Kharimah T20194125 Baru_compressed.pdf

Download (948kB)

Abstract

ABSTRAK

Ma’rifatul Kharimah, 2023 : Pengembangan Media Papan Pintar Huruf dalam Pembelajaran Mengenal Abjad pada Peserta Didik Kelas I MI Bustanul Mubatdiin Ketapang-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Papan Pintar, Mengenal Abjad.
Pengembangan merupakan suatu proses mendesain pembelajaran secara logis dan sistematis dalam rangka untuk menetapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan kompetensi peserta didik. Pengembangan dalam penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran yaitu media papan pintar huruf. Pentingnya adanya media pembelajaran guru lebih mudah menjelaskan materi kepada peserta didik, kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran akan berdampak positif bagi peserta didik. Seperti halnya minimnya pengembangan media di MI Bustanul Mubtadiin. Pembelajaran mengenal abjad adalah proses pembelajaran awal yang harus bisa dikuasai oleh peserta didik agar tidak menghambat dalam proses pembelajaran. Apabila dari awal peserta didik telah mengenal abjad, maka tidak akan kesulitan saat proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran di MI Bustanul Mubtadiin masih sangat minim dalam menggunakan pengembangan media pembelajaran, sehingga hasil belajar mengenal abjad kurang maksimal.
Dalam penelitian Pengembangan ini memiliki rumusan sebagai berikut, yaitu: : 1) Bagaimana Pengembangan Media Papan Pintar Huruf yang Dikembangkan Untuk Mengenal Huruf Abjad Pada Peserta Didik Kelas 1 MI Bustanul Mubtadin Ketapang-Banyuwangi 2022/2023? 2) Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Abjad Pada Peserta Didik Kelas 1 MI Bustanul Mubtadin Ketapang-Banyuwangi Tahun 2022/2023?. Selanjutnya, tujuan dalam penelitian dan Pengembangan ini yaitu:
Pengembangan media pembelajaran papan pintar huruf pada kelas I terdapat gambar huruf abjad untuk menarik minat peserta didik. Dalam penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan Pengembangan ADDIE yang terdiri dari: analisis, desain, Pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Hasil penelitian yang dilakukan pada 36 peserta didik di MI Bustanul Mubtadiin menghasilkan: 1) analisis permasalahan dalam pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, 2) desain media pembelajaran papan pintar huruf dan desain penggunaan media pembelajaran papan pintar huruf , 3) Pengembangan media pembelajaran papan pintar huruf bertujuan untuk mengetahui kevalidan dari ahli media, materi dan pembelajaran, 4) implementasi dilakukan pada 36 peserta didik kelas I di MI Bustanul Mubtadiin, 5) evluasi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan penelitian dan pengembangan yang dilakukan peneliti pada 36 peserta didik kelas I di MI Bustanul Mubtadiin.
Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa tingkat validitas media papan pintar huruf menunjukkan rata-rata presentase sebesar 95% yang artinya media papan pintar huruf dikategorikan sangat valid.validasi media dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 dosen FTIK dan 1 guru kelas I. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik menggunakan pretest, posttest dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh sebelum diberikan pretes dan posttest hasil anak yang belum bisa menguasai mengenal abjad ada 25 peserta didik dan setelah menggunakan pretest dan posttest ada 3 peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media papan pintar huruf dapat meningkatkan hasil belajar mengenal abjad pada peserta didik kelas I. Sedangkan analisis respon peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon siswa terhadap media papan pintar huruf. Hasil rata-rata respon peserta didik yang ditunjukkan dalam table tersebut, menunjukkan bahwa media papan pintar huruf mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan presentase rata-rata 80,1%. Berdasarkan kategori tersebut, maka pembelajaran menggunakan media papan pintar huruf dalam mengenal abjad terlaksana dengan sangat jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ma'rifatul Kharimah Kharimah
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:06
Last Modified: 13 Jul 2023 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26829

Actions (login required)

View Item View Item