PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METALITERASI SISWA KELAS VIII A MTS SUNAN GIRI PROBOLINGGO DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL

Silmi, Elvara Nabilla (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METALITERASI SISWA KELAS VIII A MTS SUNAN GIRI PROBOLINGGO DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elvara Nabilla Silmi _T20197044.pdf

Download (11MB)

Abstract

Elvara Nabilla Silmi, 2023: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Research Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metaliterasi Siswa Kelas VIII A MTs Sunan Giri Probolinggo Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Research Based Learning, Kemampuan Metaliterasi, Masalah Kontekstual, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Permasalahan yang ada di MTs Sunan Giri Probolinggo ialah kesulitan dalam memahami konsep dari materi yang telah dipelajari serta minimnya kemampuan metaliterasi pada diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang masih banyak dibawah KKM. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan kurang variatif nya model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kevalidan perangkat pembelajaran matematika berbasis research based learning untuk meningkatkan kemampuan metaliterasi siswa pada masalah kontekstual? 2)Bagaimana kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis research based learning untuk meningkatkan kemampuan metaliterasi siswa pada masalah kontekstual? 3)Bagaimana keefektifan perangkat pembelajaran matematika berbasis research based learning untuk meningkatkan kemampuan metaliterasi siswa pada masalah kontekstual? 4)Apakah perangkat pembelajaran matematika berbasis research based learning pada masalah kontekstual dapat meningkatkan kemampuan metaliterasi siswa?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan non tes. Kemudian, analisis data penelitian ini menggunakan statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial uji paired sample t-test dengan uji pra-syarat uji normalitas.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi 1) kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas RPP sebesar 3,79 (94,75%); LKPD sebesar 3,83 (95,75%) 2) kategori praktis berdasarkan nilai pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran yaitu 3,74 (93,5%) dengan kategori tinggi dan persepsi pakar sebesar 3,84 (95,90%) dengan kategori tinggi. 3) kategori efektif berdasarkan persentase aktivitas siswa 3,93 (98,25%), hasil penilaian post tes menunjukkan ketuntasan secara klasikal (86,67%), dan hasil angket respon siswa menunjukkan kategori sangat aktif (95,6%). 4) pengembangan perangkat pembelajaran research based learning mampu meningkatkan keterampilan metaliterasi siswa dimana sebanyak 0% berada pada kategori metaliterasi rendah, 7% berada pada kategori metaliterasi kurang, 30% berada pada kategori metaliterasi cukup, 45% berada pada kategori metaliterasi tinggi, serta 18% berada pada kategori metaliterasi sangat tinggi. Hasil uji paired sample t-test post tes diperoleh varians nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa hasil pre tes dan post tes ada perbedaan yang signifikan setelah diterapkan research based learning di dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010204 Dynamical Systems in Applications
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Elvara Nabilla Silmi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:23
Last Modified: 13 Jul 2023 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26838

Actions (login required)

View Item View Item