Penerapan media buku kejujuran dalam meningkatkan pembinaan ibadah shalat siswa di smp negeri 1 ambulu jember tahun pelajaran 2022/2023

Aulia Rahman, Faris (2023) Penerapan media buku kejujuran dalam meningkatkan pembinaan ibadah shalat siswa di smp negeri 1 ambulu jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faris Aulia Rahman .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Faris Aulia Rahman, 2023: Penerapan Media Buku Kejujuran Dalam Meningkatkan Pembinaan Ibadah Shalat Siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Kejujuran, Pembinaan Ibadah Shalat.

Dalam penerapan shalat anak diperlukan sebuah sinergi antara orang tua (kontrol sosial pertama) dan sekolah (kontrol sosial kedua). Untuk membentuk sinergi tersebut, dibutuhkan sebuah media salah satunya buku kejujuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media buku kejujurandan hasil terbentuknya pembinaan ibadah shalat.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perumusan dasar dan tujuan penerapan media buku kejujuran dalam meningkatkan pembinaan ibadah shalat siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember? (2) Bagaimana penerapan media buku kejujuran dalam meningkatkan pembinaan ibadah shalat siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember? (3)Bagaimana evaluasi penerapan media buku kejujuran dalam pembinaan ibadah shalat siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember?

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan perumusan dasar dan tujuan penerapan media buku kejujuran dalam meningkatkan pembinaan ibadah shalat di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. (2) Untuk menjelaskan penerapan media buku kejujuran dalam meningkatkan pembinaan ibadah shalat siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. (3) Untuk menjelaskan evaluasi penerapan media buku kejujuran dalam pembinaan ibadah shalat siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SMP Negeri 1 Ambulu Jember Jawa Timur. Dengan subjek penelitian meliputi, guru pendidikan agama islam, siswa kelas lX, orang tua kelas IX, dan Kepala Sekolah.

Dalam penelitian tentang Penerapan Media Buku Kejujuran Dalam Meningkatkan Pembinaan Ibadah Shalat Siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember, memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Buku kejujuran hanya aktif pada kelas IX yang berjalan hanya beberapa anak saja 2) Dalam mengefektifkan Buku Kejujuran diperlukan kerjasama antara guru dan orang tua dalam pembinaan shalat. 3) Dalam penerapan Buku Kejujuran masih perlu pengembangan lagi, berupa evaluasi perkembangan Buku Kejujuran shalat di setiap bulannya oleh guru kelas, evaluasi keefektifan Penerapan Media Buku Kejujuran oleh kepala madrasah dan dewan guru, serta pengkomunikasian perkembangan pembinaan shalat kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahman Faris Aulia
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:23
Last Modified: 13 Jul 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item