KOMUNIKASI BISNIS PAKJEK DAN BRANDING LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE BAGI MASYARAKAT PENGGUNA DI KABUPATEN JEMBER

Widy Abdurrahman, Ahmad Kholil (2023) KOMUNIKASI BISNIS PAKJEK DAN BRANDING LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE BAGI MASYARAKAT PENGGUNA DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Kholil Widy Abdurrahman_D2017063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Kholil Widy Abdurrahman, 2023: Komunikasi Bisnis PakJek dan Branding Layanan Transportasi Online Bagi Masyarakat Pengguna di Kabupaten Jember.
Berkembangnya teknologi saat ini telah membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor transportasi. Konsep transportasi online yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pemesanan kendaraan secara online dengan mudah dan cepat melalui aplikasi berbasis aplikasi. Keberadaan transportasi berbasis online di Indonesia semakin luas dan menjamur dikalangan masyarakat, termasuk kota-kota besar tidak terkecuali kota Jember, sehingga persaingan semakin ketat dan menciptakan ide, gagasan dan inovasi untuk menarik konsumen. PakJek merupakan salah satu jasa transportasi online lokal di Kota Jember yang baru beroperasi pada tahun 2021, di latar belakangi oleh warga lokal yang melihat peluang bisnis menjanjikan dan ingin membantu dalam mengurangi pengangguran yang ada di Kota Jember pasca pandemi Covid-19. Melihat fenomena tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait komunikasi bisnis dan branding PakJek dalam jasa layanan transportasi online kepada masyarakat di Kota Jember. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana komunikasi bisnis PakJek dalam layanan transportasi online kepada masyarakat? 2) Bagaimana strategi PakJek dalam membangun branding sebagai layanan transportasi online? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui komunikasi bisnis PakJek dalam layanan transportasi online kepada masyarakat 2) Untuk mengetahui strategi PakJek dalam membangun branding sebagai layanan transportasi online.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) PakJek Jember menggunakan tiga bentuk komunikasi bisnis yaitu komunikasi internal ke atas, komunikasi internal ke bawah dan komunikasi eksternal. Selain itu, untuk menjalankan komunikasi tersebut PakJek Jember menggunakan unsur komunikasi bisnis dalam setiap layanannya. 2) Dalam membangun branding sebagai layanan transportasi online, PakJek menerapkan brand communication yang mempunyai dua aspek utama
yaitu pertama, dengan mengenalkan logo dan atribut sebagai tanda layanan transportasi online. Kedua, dengan berinteraksi dan berkomunikasi dengan konsumen dalam setiap kegiatan pelayanan baik secara langsung atau tidak langsung.
Kata kunci: Komunikasi Bisnis, Branding, Transportasi Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150799 Transportation and Freight Services not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Ahmad Kholil Widy Abdurrahman
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:42
Last Modified: 13 Jul 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26853

Actions (login required)

View Item View Item