Implementasi Metode Wahdah Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VIII di Mts Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Fatkhiyah, Miss (2023) Implementasi Metode Wahdah Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VIII di Mts Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin Khas Jember.

[img] Text
SKRIPSI FATKHIYAH T20191364 OK WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah pendidikan dalam era modern saat ini sangatlah penting untuk dibekali karakter yang sesuai pedoman agama yaitu Al-Qur’an dan Hadis.
Fokus penelitian yang akan dikaji yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan metode wahdah dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas VIII di Mts negeri 10 jember tahun ajaran 2022/2023, (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode wahdah dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas VIII di Mts negeri 10 jember tahun ajaran 2022/2023.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tentang pelaksanaan metode wahdah dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas VIII, (2) Mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode wahdah dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas VIII.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan karakteristik kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Peneliti dalam hal ini, menemukan beberapa hasil penelitian diantaranya yaitu: (1) Pembelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di Mts Negeri 10 Jember dapat diketahui bahwa sebelum pembelajaran, pendidik terlebih dahulu mempersiapkan perangkat pembelajaran silabus, RPP, materi pembelajaran, metode mengajar supaya pembelajaran lebih terarah. (2) metode wahdah sangat membantu siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist. (3) faktor pendukung yaitu : a.) Kesadaran Guru Al-Qur’an Hadist, b.) Sarana dan Prasarana, c.) Program yang jelas dan terjadwal, d.) Kedisiplinan yang tinggi, e.) Memiliki waktu sampingan dalam menghafal. Sedangkan faktor penghambat yaitu: a.) Kurangnya niat dan kesadaran siswa, b.) Kurang Fasih dalam membaca Al-Qur’an, c.) Lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung, d.) Berganti-ganti mushaf atau buku yang digunakan, e.) Waktu yang terbatas, f.) Kurangnya Murajaah (mengulangi hafalan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Fatkhiyah Fatkhiyah
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:59
Last Modified: 13 Jul 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26857

Actions (login required)

View Item View Item