Metode sa'adah dalam menghafal al-qur'an sebagai implementasi q.s an-nahl ayat 78 (kajian Living Qur'an di MI Unggulan Nuris Jember)

Akbari, Ulifia Naila (2023) Metode sa'adah dalam menghafal al-qur'an sebagai implementasi q.s an-nahl ayat 78 (kajian Living Qur'an di MI Unggulan Nuris Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq jember.

[img] Text
DONE.REVISI SKRIPSI AISYAHALI wis.udah(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Ulifia Naila Akbari. 2023. Metode Sa’adah dalam Menghafal Al-Qur’an Sebagai Implementasi QS An Nahl Ayat 78 (Kajian Living Qur’an di MI Unggulan Nuris Jember)
Kata Kunci: Metode Sa’adah, Q.S An Nahl
Metode menghafal Al-Qur’an Sa’adah merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan oleh MI Unggulan Nuris Jember. Metode ini diambil dari akronim sekaligus pengejawantahan Q.S An-Nahl ayat 78 yang mengharuskan terjadinya integrasi antara as sam’a (pendengaran), al absar (penglihatan), dan al af’idah (hati, akal) peserta didik. Pelaksanaannya diterapkan untuk mengajar Al-Qur’an (membaca, menulis, memahami, menghafal) dari kelas satu sampai enam
Rumusan penelitian ini yaitu 1) Bagaimana sejarah metode sa’adah dalam menghafal Al-Qur’an di MI Unggulan Nurul Islam (Nuris) Jember?, 2) Bagaimana metode sa’adah dalam menghafal Al-Qur’an sebagai Implementasi Q.S. An-Nahl ayat 78 di MI Unggulan Nurul Islam (Nuris) Jember?, 3) Bagaimana problematik yang dihadapi dengan metode sa’adah dalam menghafal Al-Qur’an di MI Unggulan Nurul Islam (Nuris) Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan sejarah metode sa’adah di MI Unggulan Nuris Jember, 2) untuk mendeskripsikan metode sa’adah dalam menghafal Al-Qur’an sebagai implementasi Q.S An-Nahl ayat 78 di MI Unggulan Nuris Jember, 3) untuk mendeskripsikan problematik yang dihadapi dalam metode sa’adah di MI Unggulan Nuris Jember.
Adapun metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini yaitu triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini yaitu 1) Sejarah metode Sa’adah di MI Unggulan Nuris jember dicetuskan oleh Bapak Subandi pada tahun 2019 yang terbentuk karena sebuah pembelajaran berawal dari mendengarkan, melihat, dan terakhir pada akal yang sesuai dengan firman Allah Q.S An-Nahl ayat 78 2) Metode sa’adah dalam menghafal Al-Qur’an sebagai implementasi dari Q.S An- Nahl ayat 78 di MI Unggulan Nuris Jember. Kata sa’adah yang di mana pada surah tersebut terdapat kata sam’a, abshoro, dan af’idah. Sebuah pembelajaran menghafal Al-Qur’an berawal dari mendengarkan, melihat, dan terakhir pada akal. 3) Problematik yang dihadapi metode sa’adah dalam menghafal Al-Qur’an sebagai implementasi Q.S An-Nahl ayat 78 di MI Unggulan Nuris Jember yaitu a) kurangnya guru tahfidz, b) terdapat kelas yang tidak kondusif karena 1 kelompok melebihi 15 orang, c) adanya siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam menghafal, d) terdapat guru yang belum megikuti pelatihan metode sa’adah namun diberikan mandat dalam menghandle kelas tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ulifia Naila Akbari
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:32
Last Modified: 13 Jul 2023 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item