Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Di MAN 1 Jembrana

Zahrotun, Aulia (2023) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Di MAN 1 Jembrana. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Aulia Zahrotun NC_T20193116.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aulia. Zahrotun NC, 2023: Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Di MAN 1 Jembrana.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang ada belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan masyarakat. Fenomena ini ditandai dengan kondisi moral atau akhlak generasi muda yang hancur. Contonya seperti meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak remaja, pencurian remaja, dan lain sebagainya. Oleh karena itu dalam membangun dan meningkatkan moral atau akhlak peserta didik diperlukannya manajemen kesiswaan yang baik, yang akan mengatur segala hal yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari perencanaan awal, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil belajar peserta didik, sehingga dapat diseleggarakannya program-program kesiswaan yang mendukung peserta didik dalam proses pembelajaran dan peningkatan nilai-nilai karakter peseta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini 1) Bagaimana perencanaan pengelolaan kesiswaan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik di MAN 1 Jembran? 2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kesiswaan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik di MAN 1 Jembrana? 3) Bagaimana evaluasi pengelolaan kesiswaan dalam menigkatkan nilai-nilai karakter peserta didik di MAN 1 Jembrana?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik penelitian pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data di mulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (kesimpulan). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dan tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.
Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan pengelolaan kesiswaan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana yaitu menganalisis kebutuhan setiap peserta didik dan merencanakan program akademik ataupun non akademik guna meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik. 2) Pelaksanaan pengelolaan kesiswaan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik adalah melaksanakan atau menjalankan program akademik maupun program non akademik yang telah di rencankan agar dapat meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana. 3) Evaluasi pengelolaan kesiswaan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik adalah melaksankan rapat ritun bulanan guna melakukan evaluasi pembelajar dan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan dan peningkatan nilai-nilai karakter peserta didik di MAN 1 Jembrana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Aulia Zahrotun
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:40
Last Modified: 13 Jul 2023 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26871

Actions (login required)

View Item View Item