Konsep Poligami Coach Hafidin Prespektif Hukum Islam dan Hukum Positif Dalam Sosial Media Youtube (Video Narasi Newsroom Episode Menguak sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar)

Azzahro Elvais, Virania (2023) Konsep Poligami Coach Hafidin Prespektif Hukum Islam dan Hukum Positif Dalam Sosial Media Youtube (Video Narasi Newsroom Episode Menguak sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar). Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
virania fix watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Praktik poligami di Indonesia diperbolehkan hal ini terdapat aturan ketat yang menjelaskan mengenai pelaksanaan dan prosedurnya mengingat masyrakat Indonesia maayoritas beriman kepada agama Islam, dalam Islam praktik poligami diperbolehkan. Kebolehan praktik poligami dalam hukum Islam dan hukum yang legal di Negara berupa peraturan perundang – undangan mengatur syarat untuk dapat melangsungkan praktik poligami dengan tata cara dan prosedur yang ketat dan tidak mudah. Pada tahun 2021 video yang dibagikan oleh Channel YouTube Narasi Newsroom dengan judul “Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar” menjadi geger masyarakat. Dalam video tersebut, tim dari Narasi mengikuti kelas mentoring poligami dan mendatangi mentor poligami yaitu Coach Hafidin. Beliau menyatakan dirinya sebagai suami yang telah sukses mempraktikkan poligami sehingga memberi pandangan dan dokrin mengenai konsep poligami dengan membuka seminar dan kelas mengenai ilmu poligami.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Konsep Poligami Coach Hafidin dalam video Narasi Newsroom Episode Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar ? 2) Bagaimana Konsep poligami coach Hafidin Prespektif Hukum Islam dan Hukum Positif ?
Tujuan penelitian ini yakni:1) untuk mengetahui bagaimana praktik poligami yang dilakukan di kalangan masyarakat khususnya yang terdapat dalam konten youtube yakni yang dilakukan oleh seorang mentoring poligami coach hafidin serta doktrin dan ajarannya dalam mengkampanyekan poligami 2) untuk mengetahui isu hukum poligami yang berkembang di masyarakat khususnya yang dilakukan oleh seorang mentoring poligami coach hafidin serta doktrin dan ajarannya dalam mengkampanyekan poligami sejauh mana kesesuaiannya dengan hukum dan peraturan yakni hukum islam dan hukum positif.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau yurudis normatif dengan pendekatan historis dimana peneliti dapat mengerti filosofi dari sebuah kaidah dalam kurun waktu untuk menganalisa konsep poligami dari coach Hafidin.
Kesimpulan dari penelitian ini: 1) konsep poligami coach Hafidin dalam video narasi newsroom berpandangan sebagai syari’at maksimal sampai 4 perempuan selaras dengan Q.S an-Nisa’ayat 3 namun dimaknai dengan menikmati perempuan muda, poligami adalah urusan suami izin istri tidak diperlukan, izin pengadilan adalah formalitas, dan adil dalam poligami pada Q.S an-Nisa’ ayat 3 secara dzahir sedangkan adil dalam Q.S an-Nisa’ ayat 129 adalah reminder bukan penghalang poligami yang harus dicapai 2) konsep poligami coach Hafidin bertolak belakang dengan pandangan ulama’ dan fiqih munakahat dalam hukum Islam serta hukum positif yakni UU No.1 tahun 1974 pasal 4 dan 5 serta KHI passal 55-59.

Kata Kunci : Konsep Poligami, Mentoring Poligami, Hukum Islam, Hukum Positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Elvais Virania Azzahro
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:38
Last Modified: 14 Jul 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

View Item View Item