Implementasi Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur'an Siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Banyuwangi

Nur arifah, Fifi (2023) Implementasi Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur'an Siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Fifi Nur Arifah.pdf

Download (955kB)

Abstract

Fifi Nur Arifah, 2023. Implementasi Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Banyuwangi.
Kata Kunci: Program Tahfidz, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an.
Program tahfidz merupakan suatu program unggulan yang dilaksanakan di MTs Miftahul Ulum. Program tersebut suatu kebutuhan bagi setiap muslim dalam melafalkan surat-surat di waktu sholat wajib dan sholat sunnah, juga merupakan hiasan yang sangat berharga bagi siapapun yang membaca dan menghafalkan ayat-ayat Allah, sehingga apa yang dibaca dan dihafal dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Menghafal Al-Qur’an sangat memerlukan motivasi yang tinggi, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik, karena motivasi tersebut merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan siswa dalam menghafal Al-Qur’an.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program tahfidz siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo. 2) Bagaimana implikasi program tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidz siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Banyuwangi dan untuk mendeskripsikan implikasi program tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa MTs Miftahul Ulum Tegadlimo Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Kesimpulan dalam penelitian: 1) Implementasi program tahfidz siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo ialah Program tahfidz dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan dalam satu minggu, pada hari senin sampai kamis dan sabtu kegiatan muraja’ah yang dilaksanakan setelah sholat dhuha pada hari jum’at dijadwalkan untuk menyetorkan perolehan hafalannya. Metode yang digunakan takrir dan muraja’ah, adapun media yang digunakan yaitu buku pegangan tahfidz serta ada tahap evaluasinya seperti tes lisan 2) Implikasi program tahfidz dalam meningkatkan motivasinya itu berupa siswa ingin menjadi hafidz dan hafidzah dengan adanya semangat untuk meningkatkan kualitas hafalan juga dapat mengamalkanya berupa mengajarkan ilmu Alqur’an kepada teman yang belum bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190399 Journalism and Professional Writing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Fifi Nur Arifah
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:19
Last Modified: 13 Jul 2023 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26877

Actions (login required)

View Item View Item