PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM KITAB TA'LIM MUTA'ALLIM KARYA AR ZARNUJI DI PONDOK PESANTREN FATIHUL ULUM MANGGISAN KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

Anam, Muhammad Musfiqul (2023) PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM KITAB TA'LIM MUTA'ALLIM KARYA AR ZARNUJI DI PONDOK PESANTREN FATIHUL ULUM MANGGISAN KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddidq Jember.

[img] Text
Muh._Musfiqul_Anam__T20181291_(skripsi)[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Muh. Musfiqul Anam, 2023: Penanaman Nilai Karakter dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karya Ar Zarnuji di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Kata kunci: Nilai Karakter, Kitab Ta’lim Muta’allim.
Pendidikan karakter menjadi hal yang sangat penting bagi pendidikan di Indonesia.Apalagi di era globalisasi dan modernisasi saat ini yang banyak ditemukannya masalah tentang rendahnya pendidikan karakter. Dalam menanamkan nilai nilai pendidikan karakter, tidak serta merta mengandalkan pendidik, akan tetapi juga didukung oleh adanya kitab kitab yang akan dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menelisikNilai Karakter dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karya Ar Zarnuji di Pondok Pesantren Fatihul Ulum.
Fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana transformasi penanaman nilai karakter dalam kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan ? (2) Bagaimana transaksi penanaman nilai karakter dalam kitab Talim Muta’allim di pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan ? (3) Bagaimana trans internalisasi penanaman nilai karakter dalam kitab Talim Muta’allim di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimanatransformasi penanaman nilai karakter dalam kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimanatransaksi penanaman nilai karakter dalam kitab Talim Muta’allim di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimanatran internalisasi penanaman nilai karakter dalam kitab Talim Muta’allim di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Analisis data dari pemikiran Miles, Huberman dan Saldana.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini meliputi :1) Internalisasi nilai karakter terdiri dari 3 tahapan yaitu: a) Transformasi: Berupa mata pelajaran ta’lim muta’allim, akhlaqul banin, taisaru kholaq dsb. Structural berupa penguatan nilai karakter dalam kehidupan manusia.b) Transaksi: Pembiasaan dengan memberikan nilai, ilmu pengetahuan, dan pujian. Peniruan yang dicontohkan oleh guru dan ustadz. c) Transinternalisasi nilai: keberhasilan dalam mewujudkan suasana barudalam karakter berupa penerapannilai nilai karakter lewat kegiatan seperti belajar mengajar, imtihan, ngaji kitab dan lain-lain, menampilkan sifat sabar dan rendah hati pada setiap acara atau kegiatan penting, menampilkan sosok santri yang berakhlaqul karimah. 2) Nilai karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dalam pembentukan pribadi yang mulia dilihat dari output internalisasi. Dengan adanya Internalisasi nilai karakter akan lebih optimal dalam pengimplementasian dan tidak monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Musfiqul Anam
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:46
Last Modified: 13 Jul 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26879

Actions (login required)

View Item View Item