Penerapan Metode ‘Allimna Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Taufiqurrahman Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Lestari, Dwi Ratna (2023) Penerapan Metode ‘Allimna Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Taufiqurrahman Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Skripsi RATNA Fix watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap orang bisa membaca al-Quran belum tentu mampu membacanya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makharijul huruf, maka di perlukan suatu metode pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu metode baru yang dipakai TPQ Taufiqurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu Metode 'Allimna, yang di ringkas dalam bentuk praktis buku jilid 1-6.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Penerapan Metode ‘Allimna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Taufiqurrahman Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023?, 2. Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penerapan metode 'Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an Taufiqurrahman Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan penerapan metode 'Allimna dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Qur’an Taufiqurrahman Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember . Tahun Ajaran 2022/2023. 2. Untuk mendeskripsikan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penerapan metode 'Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an Taufiqurrahman Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember . Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan yang dikembangkan Miles, Hubermen. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penerapan metode ‘Allimna menggunakan dua sistem yaitu klasikal dan privat/individual. Evaluasi menggunakan sistem raport melalui Tes yaitu dengan cara menyuruh membaca pokok bahasan di masing-masing halaman setiap jilid satu persatu secara bergantian. Komponen yang dinilai terkait kemampuan membaca dengan tartil, tajwid dan makhrajnya serta mengisi buku Camar, hafalan surat dan doa harian sebagai penunjangnya. Metode ‘Allimna mampu meningkatkan kemampuan membaca al-Quran santri dalam aspek makharijul huruf, . Tajwid, dan Tartil. 2) Faktor pendukung internal adalah santri pernah belajar al-Quran sebelumnya, faktor pendukung eksternal yaitu metode, monitoring walisantri. Faktor penghambat internal, umur santri relatif muda, fokus mudah terganggu, santri tidak hadir. Faktor penghambat eksternal karena pengajar tidak hadir dan Kurangnya dukungan wali santri terhadap program TPQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Dwi Ratna Lestari
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:04
Last Modified: 13 Jul 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26884

Actions (login required)

View Item View Item