Nilai-Nilai Moral Dalam Film Chalk N Duster Karya Jayant Gilatar Serta Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X MA

Al Humairoh, Fuadilla Rahmah (2023) Nilai-Nilai Moral Dalam Film Chalk N Duster Karya Jayant Gilatar Serta Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X MA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
REVISI SKRIPSI FUADILLA-WM.pdf

Download (13MB)

Abstract

Rahmah, Al Humairoh Fuadilla, 2023: Nilai-Nilai Moral Dalam Film Chalk N Duster Karya Jayant Gilatar Serta Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X MA.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Moral, Film Chalk N Duster, Materi Akidah Akhlak Kelas X MA.
Nilai moral adalah pembentukan prilaku baik manusia yang nantinya akan mempengaruhi tingkah laku manusia tersebut. Pembentukan moral sangat penting dimulai dari usia dini sampai sekolah. Saat ini banyak jalan dan cara yang bisa ditempuh untuk mengajarkan nilai moral. Salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk mengajarkan nilai moral melalui media massa berupa film yang di dalamnya terdapat nilai moral, salah satu film yang dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian pesan moral adalah film Chalk N Duster karya Jayant Gilatar. Film Chalk N Duster adalah salah satu film pendidikan yang di dalamnya terkandung nilai moral.
Fokus penelitian ini adalah: 1) apa saja nilai-nilai moral pada film Chalk N Duster karya Jayant Gilatar, 2) bagaimana relevansi nilai-nilai moral dalam film Chalk N Duster untuk penguatan materi akidah akhlak kelas X MA.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai moral pada film Chalk N Duster karya Jayant Gilatar, 2) mengetahui relevansi nilai-nilai moral dalam film Chalk N Duster dengan materi akidah akhlak kelas X MA.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka, instrument yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi dengan teori Roland Barthes, sumber data yang digunakan adalah film Chalk N Duster.
Berdasarkan hasil analisis data dalam film Chalk N Duster terdapat nilai-nilai moral antara lain: (1) Nilai Moral terhadap diri sendiri: a) kejujuran, b) keteguhan, c) disiplin, d) percaya diri, e) kesabaran, f) bijaksana, g) hati-hati. (2) Nilai moral sosial: a) kasih sayang, b) solidaritas, c) kebersamaan, d) kepedulian sosial. (3) Nilai moral terhadap keluarga: a) penghargaan, b) cinta, c) berbakti dan peduli, d) kerjasama.
Nilai-nilai moral dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA pada bab berikut: nilai moral terhadap diri sendiri dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA bab 1 menghindari sifat tercela, nilai moral sosial dan keluarga dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA bab 4 hidup mulia dengan menghormati orang tua dan guru, nilai moral terhadap diri sendiri dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA bab 8 menundukkan nafsu syahwat dan gadhlab, nilai moral terhadap diri sendiri dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA bab 9 menerapkan sikap hikmah, iffah, syaja’ah dan adalah sebagai pembentuk akhlakul karimah, nilai moral terhadap diri sendiri dan sosial dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA bab 10 menjauhi perilaku tercela, nilai moral sosial dalam film Chalk N Duster relevan dengan materi akidah akhlak kelas X MA bab 11 menjenguk orang sakit sebagai cermin sikap peduli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190204 Film and Television
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Fuadilla Rahmah Al Humairoh
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:16
Last Modified: 13 Jul 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26888

Actions (login required)

View Item View Item