MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF MADRASAH DAN PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH 1 ANNUQAYAH GULUK GULUK SUMENEP

Ilfan, Tufail (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF MADRASAH DAN PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH 1 ANNUQAYAH GULUK GULUK SUMENEP. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilfan Tufail_213206010037.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Pengembangan Kurikulum Integratif; Kurikulum
Madrasah; Kurikulum Pesantren Beberapa fenomena yang menjadi perhatian besar dalam Kurikulum pendidikan Indonesia saat ini adalah terdegradasinya sikap moral masyarakat Indonesia belakangan ini. Mulyasa mengkhawatirkan ini menjadi bukti terjadinya pergeseran nilai menuju kehancuran, atau pembentukan nilai-nilai baru atas dasar pragmatisme, materialisme, hedonisme, sekularisme, bahkan atheisme. Dalam membentuk karakter atau akhlak mulia, Indonesia sudah sejak lama telah memiliki model pendidikan yang sukses membentuk karakter anak bangsa dalam sistem pendidikan pesantren. Oleh sebab itu, perpaduan pesantren ke dalam sistem pendidikan formal seperti sekolah dan madrasah menjadi penting untuk diterapkan saat ini.
Adapun fokus penelitian ini dilakukan adalah untuk menggali data berupa, pertama bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum integratif madrasah dan pesantren di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah?. Kedua, bagaiamana pelaksanaan pengembangan kurikulum integratif madarasah dan pesantren di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah?. Ketiga, bagaiamana evaluasi pengembangan kurikulum integratif madrasah dan pesantren di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah, Guluk-guluk Sumenep. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasi tujuan kurikulum dan mengintegrasi pengorganisasian isi kurikulum dengan model integrasi fragmented model. 2) Pelaksanaan kurikulum integratif madrasah_pesantren dilakukan dengan: a) mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan b) mengintegrasikan supervisi pelaksanan kurikulum. 3) Evaluasi kurikulum integratif madrasah-pesantren dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum secara koordinatif antara madrasah dan pesantren, yang meliputi: a) evaluasi konteks kurikulum, b) evaluasi input kurikulum, c) evaluasi proses kurikulum dan d) evaluasi produk kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Mr Ilfan Tufail
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:24
Last Modified: 14 Jul 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item