IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA DI DESA SONGON PONDOK JOYO KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN 2022/2023

Mar'ah, Qonitatillah (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA DI DESA SONGON PONDOK JOYO KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MAR’AH QONITATILLAH - watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mar’ah Qonitatillah, 2023 “Implementasi Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di kelas VII MTS Nurul Huda Desa Songon Pondok joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun 2022/2023”
Kata Kunci: Pembelajaran Word Square, Akidah Akhlak

Penelitian ini di latar belakangi bahwa penddidikan merupakan suatu faktor utama bagi perkembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan dan memiliki daya saing yang tinggi. Pada kurikulum menyembutkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menenantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi praksa kreativitas dan kemandirian sesuai bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Namun pada kenyataannya di dalam kelas terdapat beberapa masalah yang terjadi yaitu dalam proses pembelajaran ada beberapa siswa yang cendrung pasif dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak, pada saat guru menjelaskan materi banyak siswa yang tidak fokus pada penjelasan guru dan hanya ada beberapa siswa yang dominan aktif. Dengan demikian penerapan model word square dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTS Nurul Huda Desa Songon Pondok Joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember.
Terdapat 3 isu pertama yang menjadi fokus penelitian 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran word square mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Songon Pondok Joyo kabupaten Jember tahun 2022/2023? 2) Bagaimana implementasi Model Pembelajaran Word Square pada Mata Pelajaran Akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Songon Pondok Joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember tahun 2022/2023? 3) Bagaiman Evaluasi Model Pembelajaran Word Square pada Mata Pelajaran Akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Songon Pondok Joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun 2022/2023?
Tujuan 1) Mendeskripsikan bagaimana Penerapan dan Impelementasi Model Word Square pada Mata Pelajaran Akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Songon Pondok Joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan bagaimana Evaluasi Model Word Square pada Mata Pelajaran Akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Songon Pondok Joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jemnber
Dalam penilitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, yaitu jenis penelitian yang yang menghasilkan penemuan – penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur – prosedur statistic. Adapun dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara/ interview dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan purposive sampling, purposive sampling ini, adalah pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, misalnya, orang tersebut di anggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan atau mungkin ia sebagai penguasa sehingga akan mempermudah peneliti dalam menjelajahi situasi sosial yang di teliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model word square terbukti dapat meningkatkan kekatifan belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran akidah akhlak dan terlihat pada proses pembelajaran di kelas, antara lain siswa aktif serta jeli terhadap materi pembelajaran yang belum di mengerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Mar'ah Qonitatillah
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:03
Last Modified: 13 Jul 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item