STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK OLAHRAGA PADA TOKO DJEMBER_SPORT.ID DI SHOPEE

Kumala, Lailatul indah (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK OLAHRAGA PADA TOKO DJEMBER_SPORT.ID DI SHOPEE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMEBR.

[img] Text
LAILATUL INDAH KUMALA E20192179-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lailatul Indah Kumala, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I 2023 : Strategi
Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan dan Kualitas Produk Olahraga
Pada Toko Djember_sport.id Di Shopee.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang
dilakukan oleh toko Djember_sport.id dalam meningkatkan penjualan produk
Olahraga di Shopee dan peran Shopee dalam meningkatkan penjualan produk
olahraga djember_sport.id.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus
metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pemilik toko
Djember_sport.id di Shopee, Observasi serta dokumentasi. Selanjutnya data yang
diperoleh diolah dengan cara editing, organizing dan analizing.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang
dilakukan oleh toko Djember_sport.id berhasil dalam meningkatkan penjualan
produk olahraga di shopee dengan menentukan segmenting, targeting, dan
positioning dan melakukan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang
mencangkup empat variabel, yaitu: (1) strategi produk dengan melakukan inovasi
produk, menggunakan jasa fotografer produk,memberikan pelayanan yang baik
dan memberikan garansi produk. (2) strategi harga dengan menetapkan harga
produk yang standart dalam artian tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah dan
sesuai harga di pasaran. (3) strategi distribusi dengan menggunakan saluran
distribusi secara langsung kepada konsumen tanpa perantara atau distributor
melalui penjualan online. (4) strategi promosi dengan menggunakan iklan gratis
di shopee dan promosi penjualan dengan memberikan potongan harga serta
mendaftarkan produknya dalam program flashsale. Shopee mempunyai peran
dalam meningkatkan penjualan produk olahraga pada toko Djember_sport.id
dengan adanya gratis ongkir dan flash sale. Hal tersebut terbukti dari penjualan
produknya yang rata-rata mengalami peningkatan dari bulan kebulan pada tahun
2019.
Berdasarkan hasil penelitian ini, toko Djember_sport.id diharapkan dapat
memaksimalkan strategi pemasaran yang dilakukan di shopee dengan mengikuti
program lain yang diadakan oleh shopee dan menghadirkan produk baru dengan
jenis yang berbeda agar pembelinya semakin banyak dan penjualan produk
olahraga nya semakin meningkat.
KataKunci:StrategiPemasaran,Peningkatan,Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Lailatul Indah Kumala
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:34
Last Modified: 13 Jul 2023 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item