OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGSALSARI

Mis, Vidia (2023) OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGSALSARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
watermark VIDIA NIM T20191489 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Vidia, 2023: Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SMP Negeri 1 Bangsalsari

Kata Kunci: Optimalisasi, Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya program go green agar dapat membentuk perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. SMP Negeri 1 Bangsalsari dipimpin oleh bapak Budi Utomo, S.Pd beliau mengadakan program baru untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan. Serta menjaga kebersihan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tujuan optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk pola hidup bersih dan sehat?, 2) Bagaimana strategi optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk pola hidup bersih dan sehat?, 3) Adakah materi optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk pola hidup bersih dan sehat di?, 4) Bagaimana cara mengevaluasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk pola hidup bersih dan sehat?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis strategi optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis materi optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat. 4) Mendeskripsikan dan menganalisis cara mengevaluasi optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk perilaku hidup bersih dan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Tujuan optimalisasi guru PAI menjelaskan tujuan dalam program PHBS di SMP Negeri 1 Bangsalsari salah satu sekolah berwawasan kesehatan, sekolah bukan hanya sebagai tempat kegiatan belajar, tetapi juga sebagai sarana untuk pembentukan perilaku hidup sehat dan bersih. 2) Strategi guru melalui berbagai pendekatan dan pendampingan agar program ini dapat berjalan dengan baik.3) Pada kelas VII dengan membentuk kelompok para siswa dengan materi yang digunakan tentang Hidup Bersih Semua Menjadi Nyaman. 4) Guru PAI dalam mengevaluasi PHBS yaitu dengan dua cara, penilaian secara individual (kelompok kecil) di dalam kelas dan penilaian di luar kelas (Kelompok besar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Ms Vidia Vidia
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:11
Last Modified: 13 Jul 2023 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item View Item