Irwan, Muhammad (2023) Implementasi Membaca dan Menghafal Juz'amma untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMK Asy-Syafa'ah Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.
Text
WATERMAK Irwan Skripsi PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Implentasi Juz‟amma, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Sebagai orang yang beriman kita sebaiknya membaca dan menghafal Al-Qur‟an serta
memeliharanya agar kemudian kita termasuk orang yang akan diberikan syafa‟at kelak di hari
akhir. Program membaca dan menghafal ini sangat penting untuk dijadikan budaya dalam
lingkungan pendidikan, agar supaya peserta didik memiliki pegangan untuk masa depan.
Fokus Penelitian dalam hal ini adalah: 1). Implementasi membaca dan menghafal
juz‟amma untuk menanamkan karakter disipilin dan tanggung jawab siswa di Smk Asy-
syafa‟ah Sumbersari Jember? 2) Evaluasi membaca dan menghafal juz‟amma untuk
menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawan siswa di Smk Asy-syafa‟ah Sumbersari
Jember. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Implementasi
membaca dan menghafal juz‟amma untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab
siswa di Smk Asy-syafa‟ah Sumbersari Jember. 2) Mendeskripsikan evaluasi program
membaca dan menghafal juz‟amma untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab
siswa di Smk Asy-syafa‟ah Sumbersari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis kualitatif deskriptif dengan metode
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMK
Asy-Syafa‟ah Sumbersari Jember, untuk keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
Triangulasi, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan
makna daripada generalisasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) dalam pelaksanaan/Implementasi membaca dan
meghafal juz‟amma untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, meliputi:
a) Kegiatan membaca dan menghafal juz‟amma dilaksankan setiap hari selama 5 hari, senin-
jum‟at pada pukul 07.00 WIB- 07.15 WIB di masing-masing kelas menggunakan metode
baca bersama antar guru dan peserta didik, kemudian setelah selesai membaca guru menunjuk
siswa untuk maju ke depan membacakan hasil hafalannya. b) Kegiatan awal, Guru masuk ke
dalam kelas memberikan salam kepada peserta didik lalu kemudian membaca do‟a, dan
membagikan buku kumpulan surah juz‟amma kepada peserta didik lalu memberikan waktu
kepada peserta didik untuk membaca hasil hafalan secara bersama-sama. c) Kegiatan Inti,
Bagi peserta didik yang ingin melakukan setoran hafalan disuruh langsung maju ke depan dan
langsung di simak oleh Guru Agamanya. Sekali setoran hafalan minimal 3-4 surah pendek
yang di setor, jika memang ada peserta didik yang belum hafal maka disuruh kembali
ketempat untuk menghafalkan kembali sampai hafal. d) Kegiatan Penutup, Guru dan Peserta
didik membaca do‟a bersama-sama kemudian Guru memberikan salam. 2) dalam evaluasi
program membaca dan menghafal juz‟amma untuk menanmkan karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa, meliputi: a) Evaluasi harian, evaluasi dilakukan setiap hari selama
proses pembelajaran berlangsung, proses penilaian dilakukan langsung oleh Bapak Rizqi
maulana dan adapun evaluasi bulanan yang dilakukan satu bulan sekali dengan menggunakan
form penilaian yang sudah disediakan. Untuk penilaian meliputi kelancaran, tajwid dan
makhroj. b) Evaluasi akhir, dilakukan pada waktu masuk awal semester dua yang diuji
langsung oleh Bapak Rizqi Maulana, sejauh mana tingkat hafalan yang dimiliki oleh peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan, contoh seperti sambung ayat dan surat-surat lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:00 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26896 |
Actions (login required)
View Item |