Penerapan metode allimna dalam kemampuan membaca al-qur'an santri di taman pendidikan al-qur'an an-nur desa bangsalsari kecamatan bangsalsari kabupaten jember

Danyal, Ali Ahmad (2023) Penerapan metode allimna dalam kemampuan membaca al-qur'an santri di taman pendidikan al-qur'an an-nur desa bangsalsari kecamatan bangsalsari kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Ali Ahmad Danyal)
ALI AHMAD DANYAL_T20181255.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Metode Allimna yang dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Bangsalsari guna meningkatkan kemampuan membaca santri berjalan dengan baik. Karena mengingat terdapat perbedaan antara metode Allimna dengan metode yang sebelumnya digunakan. Para guru di TPQ An-Nur mengklaim bahwa metode Allimna sangat cocok digunakan, melihat dari materi yang mudah dipahami baik dari makharijul huruf bahkan juga tajwidnya.
Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana penerapan Metode Allimna dalam kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Desa Bangsalsari Kabupaten Jember? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari Penerapan Metode Allimna Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Desa Bangsalsari Jember?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Dan teknik wawancara menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: penerapan metode allimna dalam proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan tiga model yakni model sorogan, model klasikal, dan model latihan. Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an ini titik fokus ini yaitu kemampuan membaca santri dari segi makharijul huruf dan juga tajwidnya. Ada tiga tahap dalam pembelajaran Al-Qur’an yang dapat menjadi klasifikasi tahapan. Adapun tahapan tersebut yakni: tahap pengenalan, tahap lanjutan, dan tahap pematangan. Di TPQ An-Nur sendiri masih terdapat faktor pendukung dan penghambat yang menjadi pengaruh dalam proses belajar mengajarnya. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi proses pembelajaran yakni (1) Sarana prasarana (2) Guru. Adapun faktor penghambat dalam proses pembelajaran yakni (1) Lingkungan (2) Siswa yang melebihi kuota (3) Kurangnya pemahaman guru (4) Kurangnya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ali Ahmad Danyal
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:18
Last Modified: 13 Jul 2023 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item