Peran Guru Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur'an Untuk Santri Melalui Metode Yanbu'a di Taman Pendidikan Al-Qur'an Nurul Falah Badung Bali

Muhammad Hartono, Dedi (2023) Peran Guru Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur'an Untuk Santri Melalui Metode Yanbu'a di Taman Pendidikan Al-Qur'an Nurul Falah Badung Bali. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DEDI LENGKAP WATERMARK.pdf

Download (18MB)

Abstract

Dedi Muhammad Hartono, 2023: “Peran Guru Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri Melalui Metode Yanbu’a di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Badung Bali.”

Kata Kunci: Peran Guru, Keterampilan Menulis Al – Qur’an, Metode Yanbu’a.

Keterampilan Menulis Al-Qur’an merupakan hal mendasar dalam mempelajari kitab suci Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam kegiatan menulis dibutuhkan adanya metode guna memudahkan pembelajaran. Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Badung Bali merupakan salah satu lembaga yang menggunakan metode Yanbu’a dalam peningkatan keterampilan menulis Al-Qur’an. Dalam penggunaan metode tersebut dibutuhkan adanya peran guru. Guru menjadi penentu dalam peningkatan keterampilan menulis Al-Qur’an santri.

Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru dalam peningkatan keterampilan menulis Al-Qur’an santri melalui metode Yanbu’a di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Badung Bali? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam peningkatan keterampilan menulis Al-Qur’an santri melalui metode Yanbu’a di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Badung Bali?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan Peran Guru dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri melalui Metode Yanbu’a di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Badung Bali. 2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Guru dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri melalui Metode Yanbu’a di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Badung Bali.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field researh. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran guru dalam peningkatan keterampilan menulis Al-Qur’an yaitu guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator. 2) Faktor pendukung guru dalam peningkatan keterampilan menulis Al-Qur’an adalah (a) guru ; motivasi guru, guru berijazah, dan program tambahan. (b) Santri : dorongan motivasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (a) lembaga : kurangnya ruang belajar, dan kurangnya kitab-kitab yang membahas keterampilan menulis Al-Qur’an, (b) santri : konsentrasi santri terganggu, dan kurangngnya daya tangkap santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Dedi Muhammad Hartono
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:05
Last Modified: 13 Jul 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item