IMPLEMENTASI LITERASI BACA TULIS MELALUI MEDIA CETAK DAN AUDIO VISUAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB

Maghfiroh, Dewi Nurul (2023) IMPLEMENTASI LITERASI BACA TULIS MELALUI MEDIA CETAK DAN AUDIO VISUAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI NURUL M. T20184008_.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Nurul Maghfiroh, 2023. Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Media Cetak dan Audio Visual di Kelas IV Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab.
Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Media Cetak, Media Audio Visual.
Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada sekolah tentang Gerakan literasi dengan penyelenggaraan GLS di sekolah. Salah satunya dengan menerapkan literasi baca tulis di sekolah dasar. Literasi pada Pendidikan era 21 memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat baca tulis dan cinta buku pada siswa. Sekolah Dasar Islam Ulul Albab merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kegiatan literasi baca tulis. Tujuannya siswa bisa mencintai buku. Dalam pelaksanaan kegiatan intrakurikuler literasi baca tulis di SDS Ulul Albab Jember menggunakan dua media yakni media cetak dan media audio visual.
Fokus penelitian ada 2, yakni: 1) Bagaimana implementasi literasi baca tulis media cetak di kelas IV SDS Islam Ulul Albab?, 2)Bagaimana implementasi literasi melalui media audio visual di kelas IV SDS Islam Ulul Albab?. Tujuan penelitian ini adalah: 1).Mendeskripsikan implementasi literasi baca tulis melalui media cetak di kelas IV SDS Islam UlUl Albab, 2). Mendeskripsikan implementasi literasi baca tulis melalui media audio visual di kelas IV SDS Islam Ulul Albab.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). lokasi penelitian ini di SDS Islam Ulul Albab Jember. Subyek penelitian yang dipilih menggunakan jenis (purposive) diantaranya Kepala Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab, Waka Kurikulum SDS Islam Ulul Albab, Tutor Literasi SDS Islam Ulul Albab, Wali Kelas IV SDS Islam Ulul Albab, 4 Siswa Kelas IV SDS Islam Ulul Albab. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian adalah : 1. Implementasi literasi baca tulis melalui media cetak memiliki 3 tahapan yakni a. pembiasaan yaitu: membaca 15 menit, membuat poster dan ditempel dimading, b. pengembangan yaitu mengikutsertakan siswa pada lomba berbasis literasi, c. pembelajaran yaitu modul terikat pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Dimulai dengan kegiatan 15 menit membaca, Pembelajaran disesuaikan buku paket Bahasa Indonesia kelas IV, metode tanya jawab dan demonstrasi, Membaca secara nyaring, Evaluasi pada kemampuan memahami baca tulis. 2. Implementasi literasi baca tulis melalui media audio visual memiliki 1 tahapan yakni pembelajaran yaitu Modul terikat pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Menceritakan ulang tontonan yang dilakukan dirumah, Pembelajaran terikat dengan buku paket Bahasa Indonesia, Menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi, Evaluasi kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Dewi Nurul Maghfiroh
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:01
Last Modified: 13 Jul 2023 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26921

Actions (login required)

View Item View Item