PENGGUNAAN KITAB TERJEMAH KHULASOH NURUL YAQIN SEBAGAI LITERATUR PEMBELAJARAN SKI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SYAFI' WACHIDIYAWAN, MUCHAMMAD (2023) PENGGUNAAN KITAB TERJEMAH KHULASOH NURUL YAQIN SEBAGAI LITERATUR PEMBELAJARAN SKI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUCHAMMAD SYAFI' WACHIDIYAWAN_T20191131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muchammad Syafi’ Wachidiyawan, 2023: Penggunaan Kitab Terjemah Khulasoh Nurul Yaqin Sebagai Literatur Pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember
Kata Kunci: Penggunaan Kitab Terjemah Khulasoh Nurul Yaqin, Literatur Pembelajaran SKI, Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember
Dalam literatur keislaman penggunaan kitab kuning dalam proses pembelajaran di bangku pendidikan merupakan suatu hal yang lumrah. Salah satu kitab yang sering dikaji dan digunakan dalam proses pembelajaran adalah kitab Khulasoh Nurul Yaqin dimana kitab ini membahas tentang sejarah Nabi Muhammad SAW. Kajian ini mengulas tentang penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Negeri 1 Jember serta faktor penghambat dan pendukungnya sehingga memberikan gambaran tentang bagaimana penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan kitab Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penetapan subjek dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember diterapkan di kelas dengan menggunakan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin dan metode pembelajaran yang digunakan adalah bandongan diskusi. 2) Faktor pendukung dan penghambat penggunaan kitab terjemah Khulasoh Nurul Yaqin sebagai literatur pembelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Faktor pendukung meliputi dari segi program penggunaan kitab dan juga kebebasan yang diberikan kepada pendidik dalam menggunakan berbagai metode dan strategi yang menarik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan pendidik dalam memahami teks arab khususnya memahai kitab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchammad Syafi' Wachidiyawan
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:16
Last Modified: 13 Jul 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26927

Actions (login required)

View Item View Item