Penanaman Nilai-Nilai Karakter Nasionalis Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Melalui Program Madrasah Nasionalis Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Fajarwati, Dinda Ayu (2023) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Nasionalis Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Melalui Program Madrasah Nasionalis Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinda Ayu Fajarwati_T20184003.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dinda Ayu Fajarwati, 2023: Penanaman Nilai-Nilai Karakter Nasionalis pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Melalui Program Madrasah Nasionalis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.”
Kata Kunci: Nilai Karakter Nasionalis, Pendidikan Pancasila, Madrasah Nasionalis
Perkembangan arus globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini berdampak pada degradasi nilai-nilai karakter nasionalis pada peserta didik. Lunturnya jiwa nasionalis mereka dibuktikan dengan berkurangnya wawasan kebangsaan salah satunya lebih mengenal artis-artis barat daripada nama pahlawan. Pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah pendidikan yang berperan penting untuk membentuk sikap dan moral peserta sebagai penanaman dan penguatan karakter cinta kepada Tuhan dan cinta kepada tanah air. Maka dari itu, MIN 3 Jember membuat program madrasah Nasionalis sebagai wadah penanaman dan penguatan karakter nasionalis peserta didik lewat pembelajaran, ekstrakurikuler dan kegiatan sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas 1 melalui program madrasah nasionalis di MIN 3 Jember? 2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung pada penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas 1 melalui program madrasah nasionalis di MIN 3 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas 1 melalui program madrasah nasionalis di MIN 3 Jember. 2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pada penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas 1 melalui program madrasah nasionalis di MIN 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian studi lapangan/(field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 1 dilakukan dengan dua tahapan yaitu; a) tahapan perencanaan, dalam tahap ini guru mempersiapkan apa yang dibutuhkan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila seperti modul ajar dan kegiatan program madrasah nasionalis, kegiatan program pendukung penanaman nilai-nilai nasionalis pada program Madrasah nasionalis yaitu menyanyikan lagu nasionalis, napak tilas, memperkenalkan keberagaman budaya, nonton bareng film sejarah, mendengarkan musik yang bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme, menggunakan produk-produk dalam negeri, memperkenalkan pada pemainan rakyat, melakukan upacara bendera pada hari-hari besar; b) tahapan pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; 2) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai karakater nasionalis antara lain dukungan dari kepala Sekolah karena adanya program Madrasah Nasionalis, sarana dan prasarana dan peran guru yang kooperatif dengan siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah yaitu masalah waktu dikarenakan peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Dinda Ayu Fajarwati
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:00
Last Modified: 13 Jul 2023 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26928

Actions (login required)

View Item View Item