INTERNALISASI NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN MEMBACA SURAT AL WAQIAH DAN SHOLAWAT NARIYAH DI PONDOK PESANTREN AL BIDAYAH JEMBER

Asyhari, Muhammad Ghozi (2023) INTERNALISASI NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN MEMBACA SURAT AL WAQIAH DAN SHOLAWAT NARIYAH DI PONDOK PESANTREN AL BIDAYAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ghozi Asyhari_T20181102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Ghozi Asyhari, 2023: Internalisasi Nilai Religius Melalui Kegiatan
Membaca Surat Al Waqiah dan Sholawat Nariyah di Pondok Pesantren Al
Bidayah Jember .
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Religius, Surat Al Waqiah dan Sholawat Nariyah
di Pondok Pesantren
Pergeseran budaya tampak begitu komplek terjadi pada remaja. Masa
remaja rentan akan perubahan-perubahan baik positif maupun negatif. Sebab hal
itu, bekal pengalaman terkait pendidikan mutlak diperlukan bagi orang tua untuk
menanamkan pendidikan kepada anaknya. Pondok pesantren merupakan suatu
lembaga pendidikan yang berorientasi dan berfokus dalam kajian keagamaan.
Pondok Pesantren Al Bidayah menggunakan kegiatan pembacaan surat Al Waqiah
dan sholawat nariyah sebagai sarana internalisasi nilai religius terhadap para
santrinya. Dengan adanya kegiatan internalisasi nilai religius diharapkan
pendidikan tentang nilai religius menjadi nyata.
Fokus penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tahapan
internalisasi nilai religius melalui kegiatan membaca surat al-waqiah dan sholawat
nariyah di pondok pesantren al-bidayah jember? (2) Apa saja faktor pendukung
dan penghambat internalisasi nilai religius melalui kegiatan membaca surat al-
waqiah dan sholawat nariyah di pondok pesantren Al-Bidayah jember? Tujuan
dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tahapan internalisasi nilai religius
melalui kegiatan membaca surat al-waqiah dan sholawat nariyah di pondok
pesantren al-bidayah tegal besar kaliwates jember. Dan untuk mendeskripsikan
faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai religius melalui kegiatan
membaca surat al-waqiah dan sholawat nariyah di pondok pesantren al-bidayah
tegal besar kaliwates jember.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan dengan jenis data berupa
deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat tiga tahapan internalisasi
yakni tahap transformasi nilai yang dilakukan melalui nasehat pengasuh dan
kajian akhlak oleh asatidz. Tahap transaksi nilai dilakukan dalam bentuk
pengarahan pengurus terhadap santri. Transinternalisasi nilai masuk dalam
pembiasaan, dilaksanakan melalui kegiatan membaca surat al-waqiah dan
sholawat nariyah yang dilaksanakan setiap hari. (2) Faktor pendukung dan
penghambat internalisasi nilai religius melalui kegiatan membaca surat al-waqiah
dan sholawat nariyah di Pondok Pesantren Al Bidayah Jember. Faktor pendukung
internal dalam kegiatan ini ialah santri yang meyakini adanya keberkahan ilmu,
kemanfaatan serta sebab-sebab memperolehnya. Sedangkan faktor pendukung
eksternal ialah adanya dukungan dari pihak lain seperti pengasuh serta pengurus pondok pesantren. Adapun faktor internal penghambat dalam kegiatan
internalisasi ini ialah adanya santri yang kurang hikmat. Sedangkan faktor
eksternal penghambat ialah tempat yang terbatas, pengurus yang tidak ada dan
santri yang sekolah diluar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghozi Muhammad Ghozi Asyhari
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:05
Last Modified: 13 Jul 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26929

Actions (login required)

View Item View Item