Penerapan Media LKPD Berbasis Book Creator, Wordwall dan Milkshake Dalam Meningkatkan Hasil Penilaian Harian (Formatif) Mata Pelajaran Fikih Kelas VII A di MTs Negeri 1 Situbondo

Ningrum, Asriyati (2023) Penerapan Media LKPD Berbasis Book Creator, Wordwall dan Milkshake Dalam Meningkatkan Hasil Penilaian Harian (Formatif) Mata Pelajaran Fikih Kelas VII A di MTs Negeri 1 Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ASRIYATI NINGRUM_T20191060 ACC.pdf

Download (6MB)

Abstract

Asriyati Ningrum, 2023: Penerapan Media LKPD Berbasis Book Creator, Wordwall dan Milkshake Dalam Meningkatkan Hasil Penilaian Harian (Formatif) Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VII A Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo
Kata kunci : Media LKPD, Book Creator, Wordwall, Milkshake, Peningkatan Hasil Penilaian Harian, Fikih.
Kelas VII A di MTs Negeri 1 Situbondo memiliki masalah rendahnya hasil belajar pada penilaian harian yang diakibatkan kurangnya media pembelajaran dan guru yang cenderung menggunakan metode ceramah sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan media yang ada dengan menerapkan target yang peneliti harapkan dari sekolah tersebut. Berdasarkan rumusan masalah di atas dapat diperoleh masalah : 1) Bagaimana proses penerapan media LKPD berbasis Book Creator, Wordwall dan Milkshake dalam meningkatkan hasil ulangan harian siswa kelas VII A mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 1 Situbondo ?. 2) Apakah penerapan media LKPD berbasis Book Creator, Wordwall dan Milkshake dapat meningkatkan hasil penilaian harian siswa kelas VII A, mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 1 Situbondo ?.
Metode penelitian yang digunakan peneliti ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) untuk melakukan sebuah tindakan jika terjadi suatu masalah pada sebuah kelas dengan pendekatan Kualitatif. Teknik Analisis Data menggunakan Analisis Deskriptif Miles, Huberman dan Saldana Dalam menyelesaikan permasalahan pada kelas ini peneliti melakukan tahapan dari Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Teknik yang digunakan peneliti dalam mendapatkan data pada kelas VII A melalui Teknik Wawancara bersifat non formal, Teknik Observasi, dan terakhir tes penilaian harian dan dihitung rata-ratanya untuk mengetahui perkembangan hasil belajar peserta didik khususnya nilai penilaian harian. Proses pembelajaran dilakukan pada siswa kelas VII A yang terdiri dari 19 siswa (7 laki-laki dan 12 perempuan) dan 1 guru Fikih kolaborator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ulangan harian Prasiklus yang diadakan oleh guru mata pelajaran Fikih dna peneliti dari nilai terendah (40) padahal nilai KKM 75. Kesuksesan peneliti ditunjukkan dengan ketika guru telah menerapkan media LKPD berbasis Book Creator, Wordwall dan Milkshake siswa mencapai 100% lulus pada tahap Siklus II daripada tahapan Siklus I mendapatkan 52% yang masih mencapai nilai diatas KKM. Nilai rata-rata yang didapatkan siswa pada tahap Siklus I dengan rata-rata 81,05 sedangkan Siklus II mendapat nilai rata-rata 86,84. Skor yang didapatkan guru setelah Prasiklus menerapkan media LKPD dan RPP, pada Siklus I Skor yang diperoleh 76% sedangkan Siklus II 82%. Kesimpulan pada penelitian PTK ini menunjukkan bahwa adanya penerapan media LKPD yang dirancang dengan baik maka terdapat hasil peningkatan nilai penilaian harian siswa kelas VII A.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Depositing User: Mrs Asriyati Ningrum
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:17
Last Modified: 14 Jul 2023 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26930

Actions (login required)

View Item View Item