Pemanfaatan media ubudiyah control book dalam menguatkan disiplin ibadah santri putri di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso

Firdausiah, Siti Ulil (2023) Pemanfaatan media ubudiyah control book dalam menguatkan disiplin ibadah santri putri di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI ULIL FIRDAUSIAH_T20181389.pdf - Draft Version

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini tentang pentingnya pendidikan karakter bagi santri. Selain itu, didorong untuk mencegah kasus kekerasan di lingkungan pendidikan. Pesantren Nurul Ulum memiliki program yang mendukung perkembangan karakter santri yang menggunakan Ubudiyah Control Book sebagai alat pengawasan yang bertujuan untuk mengatasi ketidakdisiplinan santri dalam beribadah setiap hari dan mendorong santri agar mandiri secara fisik dan spiritual.
Fokus penelitian yaitu Pertama, Bagaimana pemanfaatan media Ubudiyah Control Book dalam menguatkan disiplin ibadah mahdloh. Kedua, Bagaimana pemanfaatan media Ubudiyah Control Book dalam menguatkan disiplin ibadah ghairu Mahdloh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pemanfaatan media Ubudiyah Control Book dalam menguatkan disiplin ibadah Mahdloh dan Ghairu mahdloh santri di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penelitian meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Validitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu : Pertama, pemanfaatan Ubudiyah Control Book melibatkan tiga tahap utama yakni, tahap perencanaan program meliputi rapat perencanaan, izin kepada atasan, sosialisasi peraturan. Tahap pelaksanaan program meliputi persiapkan Ubudiyah Control Book, pendelegasian tugas pengurus, pengaturan jadwal, dan pencatatan santri. Tahap evaluasi ada tiga jenis yaitu harian meliputi pemberian nasehat, motivasi, sosialisasi peraturan. Evaluasi mingguan meliputi pemberian punishment, dan evalusasi bulanan meliputi rapat wali santri dan pemberian reward. Kedua, Pemanfaatan media Ubudiyah Control Book dalam menguatkan disiplin ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah santri memiliki manfaat signifikan dalam pengembangan karakter santri. Hal ini terbukti melalui pengawasan yang lebih efektif, peningkatan kesadaran keagamaan, pembentukan kepribadian yang kuat, peningkatan kemampuan akademik santri dan peningkatan kedisiplinan santri, keseimbangan emosi santri, dengan dukungan pengurus asrama, evaluasi yang teratur, dan lingkungan yang mendukung. Dengan demikian, pemanfaatan Ubudiyah Control Book memiliki peran yang penting dalam meningkatkan karakter disiplin ibadah santri putri di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso.
Kata Kunci : Ubudiyah Control Book , Pendidikan Spiritual, Disiplin Beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ulil Firdausiah
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:12
Last Modified: 13 Jul 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26931

Actions (login required)

View Item View Item