Implementasi model pembelajaran Flipped Classroom pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023

Firdausi, Wildania (2023) Implementasi model pembelajaran Flipped Classroom pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WILDANIA FIRDAUSI_T20181030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: model pembelajaran; mata pelajaran Al-Qur’an Hadis; MTs Miftahul Ulum

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana efektifitas implementasi model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Flipped classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023. 2) mendeskripsikan efektifitas implementasi model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023.

Penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, Adapun dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan sesuai teori Miles Huberman yakni: Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.

Hasil dari penelitian ini yaitu 1) pengimplementasian model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Miftahul Ulum Labanasem Kabat Banyuwangi : peserta didik di minta untuk mempelajari materi dirumah dahulu, peserta didik di minta untuk mengulas kembali materi yang sudah dipelajari dengan cara mengangkat tangan untuk berebut nilai,peserta didik disuruh menghafal ayat surah atau hadis. Proses menghafal 2 sampai 3 kali, kemudian menyetorkan hafalan. 2) Efektif untuk memotivasi peserta didik agar giat dalam melakukan pembelajaran. Mereka yang tadinya terbata-bata dalam membaca, menghafal dan mengulas kembali materi ajar yang telah disampaikan oleh guru kemudian mereka menjadi lebih percaya diri, dan lancar. selain itu mereka juga mempunyai daya ingat yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Wildania Firdausi
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:15
Last Modified: 14 Jul 2023 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26936

Actions (login required)

View Item View Item