Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Jember

Dilla Farah, Ballina (2023) Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMAK FARAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra observasi yang peneliti lakukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Jember masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan dengan media papan tulis, yang mana penggunaan metode ini menitik beratkan pada keaktifan guru dan siswa yang cenderung pasif. Permasalahan dalam penelitian ini ialah hasil belajar siswa yang kurang maksimal dan siswa yang pasif disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton, membuat siswa mudah bosan dan tidak mendengarkan materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember.
Permasalahan pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana teknik pelaksanaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di SMP Negeri 9 Jember? 2) Bagaimana dampak dari pelaksanaan metode diskusi pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui teknik pelaksanaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di SMP Negeri 9 Jember dan dampak dari pelaksanaan metode diskusi pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Jember
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdapat dua pertemuan dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi guru dan siswa, pre test dan post test, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 31 siswa kelas VIII C SMP Negeri 9 Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode diskusi pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 54,83% dan pada siklus II sebesar 93,54%, begitu pula dengan persentase keaktifan siswa pun mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,5% dan pada siklus II sebesar 85,41% dan juga aktivitas guru pun mengalami peningkatan yang baik pada siklus I sebesar 78,57% dan pada siklus II sebesar 91,07%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan telah memenuhi indikator ketercapaian yang mana keaktifan siswa pada siklus II ≥70% dan hasil belajar siswa ≥75% sehingga tidak diperlukan lagi siklus selanjutnya.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Dilla Farah Ballina
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:15
Last Modified: 14 Jul 2023 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26937

Actions (login required)

View Item View Item