Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIIIA MTs. Nahdlatul Arifin Ambulu

shofwah, putri (2023) Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIIIA MTs. Nahdlatul Arifin Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI SHOFWAH_T20191120.pdf

Download (4MB)

Abstract

Putri Shofwah, 2023. Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIIIA MTs Nahdlatul Arifin Ambulu.
Kata Kunci : Metode Snowball Throwing, Keaktifan Siswa
Pembelajaran dianggap berhasil ketika terjadi komunikasi antara seorang guru dan murid. Dalam konteks pembelajaran, tujuan utama guru adalah meningkatkan partisipasi siswa agar suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Dalam hal ini, fokus pembelajaran tidak hanya pada guru, tetapi juga melibatkan partisipasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.. Di MTs Nahdlatul Arifin Ambulu dalam menerapkan Metode Snowball Throwing dikatakan berhasil karena mampu meningkatkan keaktifan siswa.
Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIIIA MTs. Nahdlatul Arifin Ambulu? 2) Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIIIA Mts. Nahdlatul Arifin Ambulu?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIII A Mts. Nahdlatul Arifin Ambulu. 2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji Kelas VIII A Mts. Nahdlatul Arifin Ambulu.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: 1) Kondensasi Data (Data Condensation), 2) Penyajian Data (Data Display), 3) Penarikan Kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan peneltian: 1) Penerapan metode Snowball Throwing terdiri dari beberapa langkah yaitu meminta siswa membaca dan mempelajari materi; membentuk kelompok; membuat pertanyaan; melempar kertas kepada siswa lain dan siswa yang mendapatkan bola tersebut menjawab pertanyaan; siswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan umpan balik; dan evaluasi post test berupa pilihan ganda. 2) Kelebihan dari metode ini: Pembelajaran menarik dan lebih fokus kepada siswa; melatih siswa berani menyampaikan pendapat; melatih siswa percaya diri. Sedangkan kekurangan dari metode ini adalah memerlukan penjelasan di awal; Memerlukan waktu untuk mendorong siswa berani maju ke depan dan tidak takut salah dalam menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Putri Shofwah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:16
Last Modified: 14 Jul 2023 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26939

Actions (login required)

View Item View Item