Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama As-Syafi'i Rambipuji Jember

M., Alvin Bimantara (2023) Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama As-Syafi'i Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Skripsi M. Alvin Bimantara T20191270 REVISI Watermak.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

M. Alvin Bimantara, 2023: Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Asyafi’i Rambipuji JemberTahun Pelajaran 2022/2023

Kata kunci : Model Quantum Learning, Hasil belajar, Pendidikan Agama

Islam

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dirasa kurang memuaskan dan maksimal, sehingga pendidik perlu untuk menggunakan model yang dapat membantu pembelajaran untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Karena itu model Quantum Learning menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi kondisi pembelajaran yang dihadapi. Hal tersebut yang dilakukan di SMP As-Syafi’i dalam menerapkan model Quantum Learning sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Fokus dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan model Quantum Learning pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP As-Syafi’I Rambipuji Jember?, dan Bagaimana hasil belajar PAI dan Budi Pekerti ketika menggunakan model Quantum Learning SMP As-Syafi’i. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model Quantum Learning pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP As-Syafi’I dan untuk mengetahui hasil belajar PAI dan Budi Pekerti ketika menggunakan model Quantum Learning SMP As-Syafi’I.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber pada wawancara dan trianggulasi teknik digunakan untuk membuktikan keabsahan data.

Hasil penelitian:  (1) Penerapan model Quantum Learning di kelas IX SMP As-Syafi’i diawali dengan persiapan berupa perencanaan pembelajaran diantaranya, pembuatan RPP berdasarkan asas dan prinsip Quantum Learning , Ketika pembelajaran berlangsung proses pembelajaran dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada model Quantum Learning., (2) Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ketika menggunakan model Quantum Learning SMP As Syafi’I mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian melalui teknik tes dan nontes berdasarkan nilai akhir dari aspek kognitif, afektif dan pikomotorik . Presentase peserta didik yang melampaui KKM meningkat sebesar  24% dimana peserta didik yang dibawah KKM berjumlah 3 peserta didik dan yang melampaui  KKM masih 22 peserta didik yang semula hanya 19 peserta didik yang melampaui KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Depositing User: M. Alvin Bimantara
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:14
Last Modified: 13 Jul 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26942

Actions (login required)

View Item View Item