ANALISIS PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AR RIYADH KERTONEGORO JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

Hasanah, Noviatul (2023) ANALISIS PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AR RIYADH KERTONEGORO JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi watermark kirim (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Noviatul Hasanah. 2022. Analisis Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge Dalam Pembelajara Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Ar Riyadh Kertonegoro Jenggawah Kabupaten Jember
Kata Kunci : Analisis Penerapan Technological Pedagogical Content And Knowledge, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, MTs Ar Riyadh

Technological Pedagogical And Content Knowledge dalam pembelajaran SKI merupakan pembelajaran yang menerapkan penggunaan media yang menggabungkan konten, teknologi, dan pengetahuan pedagogis, yang dapat digunakan sebagai kerangka kerja guru untuk bahan ajar. Dan dilakukan dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dengan demikian, guru secara tidak langsung mewujudkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan penggunaan teknologi dalam melakukan pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar juga bisa lebih efektif dan mudah di pahami oleh siswa.
Fokus penelitian dari penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan penerapan technological pedagogical and content knowledge dalam pembelajaran SKI di MTs Ar Riyadh Kertonegoro Jenggawah?(2) Bagaimana pelaksanaan penerapan technological pedagogical and content knowledge dalam pembelajaran SKI di MTs Ar Riyadh Kertonegoro Jenggawah? (3)Bagaimana evaluasi penerapan technological pedagogical and content knowledge dalam pembelajaran SKI di MTs Ar Riyadh Kertonegoro Jenggawah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan penerapan technological pedagogical and content knowledge dalam pembelajaran SKI selalu di siapkan dan direncanakan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran,karena dengan adanya perencanaan, pembelajaran bisa berjalan secara maksimal. Adapun media yang sering di gunakan yaitu, Proyektor/LCD, video pembelajaran, PPT, dan juga RPP sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan tertib dan tersusun. (2) Pelaksanaa penerapan technological pedagogical and content knowledge dalam pembelajaran SKI dengan penggunaan media teknologi sudah dilaksanakan secara maksimal oleh guru dan siswa dengan perencanaan yang sudah di persiapkan untuk pelaksanaannya. Pelaksanaan pembelajaran technological pedagogical and content knowledge dalam pembelajaran SKI dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif dan mudah di pahami oleh siswa (3) Evaluasi dari pembelajaran SKI berbasis technological pedagogical and content knowledge yaitu dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi pembelajaran, dan juga dapat memudahkan siswa dalam menerima pelajaran yang di sampaikan sehingga juga bisa meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100505 Microwave and Millimetrewave Theory and Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Noviatul Hasanah PAI UIN Khas
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:17
Last Modified: 13 Jul 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item