Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Nor Azizah, Ifa (2023) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI IFA NOR AZIZAH T20165035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berbicara tentang bermain peran itu tidak asing untuk mengembangkan dan menumbuhkan potensi anak usia dini, maka dari itu di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember ini menggunakan metode bermain peran untuk mengembangkan kognitif dengan melatih daya ingat, imajinasi, pola pikir, dan cara menyelesaikan masalah terutama di kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan kognitif anak usia dini melalui metode bermain peran pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Perencanaan pengembangan kognitif anak usia dini melalui metode bermain peran pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember dengan mengadakan rapat kerja tim kelompok B dengan didampingi oleh kepala sekolah yang sudah diprogram sebelum pelaksanaan pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). 2) Pelaksanaan pengembangan kognitif anak usia dini melalui metode bermain peran pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember dengan menggunakan tiga pelaksanaan pembelajaran, yaitu pembukaan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi pengembangan kognitif anak usia dini melalui metode bermain peran pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Tegal Besar Jember dengan menggunakan teknik penilaian observasi, catatan anekdot, dan hasil karya.
Kata kunci: pengembangan kognitif, metode bermain peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Ifa Nor Azizah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:18
Last Modified: 14 Jul 2023 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26955

Actions (login required)

View Item View Item