POLA INTERAKSI GURU DENGAN SISWA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASY-SYARIFIY TEMPEH LUMAJANG

Nafisah, Sofiatun (0027) POLA INTERAKSI GURU DENGAN SISWA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASY-SYARIFIY TEMPEH LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SOFIYAH SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sofiatun Nafisah, 2023: Pola Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Tempeh Lumajang.
Kata Kunci: Motivasi Belajar , Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pola Interaksi
Guru Dengan Siswa.
Pola interaksi guru dengan siswa adalah sebuah bentuk aksi atau tindakan yang terjadi antara satu atau lebih dari dua orang yang mempunyai respon timbal balik yang positif. Dalam hal ini pola interaksi yang dimaksud meliputi: Pola interaksi satu arah, Pola interaksi dua arah, Pola interaksi multi arah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana Pola Interaksi Satu Arah Guru Dengan Siswa Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy- Syarifiy Tempeh Lumajang? 2) Bagaimana Pola Interaksi Dua Arah Guru Dengan Siswa Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy- Syarifiy Tempeh Lumajang?3) Bagaimana Pola Interaksi Multi Arah Guru Dengan Siswa Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy- Syarifiy Tempeh Lumajang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Mendeskripsikan Pola Interaksi Satu Arah Guru Dengan Siswa Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy- Syarifiy Tempeh Lumajang. 2) Mendeskripsikan Pola Interaksi Dua Arah Guru Dengan Siswa Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy- Syarifiy Tempeh Lumajang. 3) Mendeskripsikan Pola Interaksi Multi Arah Guru Dengan Siswa Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Asy- Syarifiy Tempeh Lumajang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: model analisis Miles dan Huberman, komponennya terdiri dari Kondensasi data, Penyajian data, Verifikasi/penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan:1) pola interaksi satu arah guru dengan siswa berhasil diterapkan hal ini dibuktikan dari guru setiap kali memasuki kelas guru memberikan motivasi kepada siswa dalam bentuk ego-Involvement dan selain itu guru juga menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. 2) pola interaksi dua arah cukup berjalan maksimal dibuktikan pada saat penerapan pola interaksi dua arah menggunakan metode Tanya jawab akan tetapi guru membentuk belajar kelompok siswa. 3) pola interaksi multi arah juga berjalan cukup maksimal dibuktikan pada saat penerapan pola interaksi multi arah guru menggunakan metode diskusi dan simulasi, guru menggunakan media belajar berupa video Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: S. Pd Sofiatun Nafisah
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:34
Last Modified: 13 Jul 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item View Item