Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Dalam Pengelolaan Limbah Industri Ikan Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Trimania, Firda sofa (2023) Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Dalam Pengelolaan Limbah Industri Ikan Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
firda sofa trimmania.pdf

Download (3MB)

Abstract

Firda Sofa Trimania, 2023: Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Dalam Pengelolaan Limbah Industri Ikan
Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Kata Kunci: Implementasi, Pengelolaan, Limbah.

Kesejahteraan warga di sekitar wilayah industri semakin meningkat karena sektor pengolahan ikan di Muncar membuka banyak peluang kerja. Saat ini, sektor industri hasil laut menjadi ciri khas daerah Muncar. Selain memberikan dampak positif berupa meningkatkan kesejahteraan, industri ikan di Muncar juga menimbulkan efek negatif terhadap lingkungan. Tumbuhnya pencemaran lingkungan merupakan salah satu dampak yang merugikan dan menyita perhatian masyarakat.
Penelitian ini berfokus pada dua fokus penelitian yang telah dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 dalam pengelolaan limbah industri ikan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi? 2)Bagaimana peran serta pmerintah dan masyarakat dalam melestarikan lingkungan dari limbah indstri ikan di Kecamatan Muncar ?
Berdasarkan dari rumusan masalah diatas, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 dalam pengelolaan limbah industri ikan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. 2)Untuk megetahui bagaimana peran serta pmerintah dan masyarakat dalam melestarikan lingkungan dari limbah Indstri Ikan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu jenis penlitian yurids empiris sedangkan pendekatan yang digunakan yauiru pendekatan kasus. Sumber data yang digunakan sumber data Primer dan sekundar. Tenik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Implementasi Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 dalam Pengelolaan Limbah Industri Ikan di Kecamatan Muncar yaitu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengelurkan peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pengendalian Pencemaran Air sebagai bentuk kebijakan terhadap pengelolaan limbah idustri di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Akan tetapi peraturan atau kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tidak ditaati oleh masyarakat hal ini dikarenakan pengawasan yang dilakukan lemah dan kebijakan tidak berjalan dengan efektif. 2) Peran Pemerintah dan Masyarak dan Melestarikan Lingkungan dari limbah Industri Ikan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi yaitu, keikutsertaan masyarakat dalam menjaga lingkungan tidak berjalan dengan baik. Karenakan masyarakat disana butuh limbah industri untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka, masyarakat bekerjasama dengan perusahaan untuk mendapatkan limbah. Limbah industri ikan yang dibuang masih mengandung minya sehingga oleh masyarakat dikumpulkan kemudian diolah kembali menjadi minyak ikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Firda Sofa Trimania
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:38
Last Modified: 13 Jul 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26974

Actions (login required)

View Item View Item