Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perjudian Sabung Ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Syadid, Dimas Awelan (2023) Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perjudian Sabung Ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dimas Awelan Syadid_S20184053.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dimas Awelan Syadid, 2023 : Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perjudian Sabung Ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Kata kunci : Perjudian, sabung ayam, penegakan hukum,tindak pidana

Perjudian sabung ayam sedang mengalami popularitas dan minat yang tinggi di kalangan masyarakat saat ini. Selain bertentangan dengan ajaran agama, kegiatan perjudian sabung ayam juga secara tegas dilarang oleh hukum yang berlaku, yaitu KUHP. Hal ini diatur dalam Pasal 303 bis ayat (1) ke-2 KUHP Jo. Pasal 1 Peraturan Pemerintah RI Nomor 9 Tahun 1981 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1974 tentang Penertiban Perjudian. Dampak dari perjudian sabung ayam ini sangat merugikan bagi masyarakat dan juga bagi moral bangsa kita. Pada dasarnya, kejahatan ini mengganggu ketertiban, ketentraman, dan keamanan masyarakat. Sama halnya dengan perjudian, anak-anak juga sangat terpengaruh olehnya. Mereka cenderung meniru perilaku tindak pidana perjudian yang mereka saksikan di sekitar mereka, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerugian materil bagi mereka yang terlibat.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana fenomena tindak pidana perjudian sabung ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang? (2) Bagaimana penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian sabung ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang? (3) Bagaimana perjudian sabung ayam menurut Hukum Islam?
Penulis mengadopsi pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian yuridis empiris. Pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan deskriptif kualitatif serta diuji keabsahan melalui triangulasi data.
Penelitian ini memiliki kesimpulan yakni : 1) Fenomena tindak pidana perjudian sabung ayam di desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang disebabkan oleh beberapa factor yang mempengaruhinya seperti lemahnya pendidikan agama serta lemahnya penegakan hukum, hobi atau kebiasaan, lingkungan serta ekonomi 2) Penegakan hukum tindak pidana perjudian sabung ayam di desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang dilakukan oleh pihak Polsek dan Pihak Desa. Polsek penegakan hukum melakukan dengan cara hanya melakukan tindakan pertama berupa olah TKP, mengambil barang bukti berupa gambar atau video, setelah itu di berikan ke pihak Polres untuk ditangani lebih lanjut. Pihak desa menangani kasus perjudian sabung ayam ini mengunakan cara kekeluargaan supaya lebih dekat dengan masyarakat dan masyarakat lebih patuh untuk menghindari perbuatan perjudian sabung ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. 3) Judi sabung ayam menurut perspektif hukum Islam dengan sangat jelas disampaikan bahwa hukumnya harom. Menurut firman Allah dan juga hadits nabi juga pendapat para Ulama yang disampaikan dalam kitab-kitab yang elah dikaji oleh ummat Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr Dimas Awelan Syadid
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:10
Last Modified: 13 Jul 2023 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26983

Actions (login required)

View Item View Item