Penerapan Pembelajaran Achievement Grouping Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Muhammad, Hafid (2023) Penerapan Pembelajaran Achievement Grouping Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMMAD HAFID_T20171065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Hafid, 2023: Penerapan Pembelajaran Achievement Grouping Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini didasari oleh perbedaaan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran fikih yang beragam menjadi salah satu problematika dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Ada siswa yang sudah menguasai dalam mata pelajaran fikih, ada yang belum, dan bahkan ada siswa yang mengetahui mata pelajaran fikih itu sendiri. Untuk itu perlu ada suatu proses pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan proses pembelajaran Achievement Grouping.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran Achievement Grouping pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023?; 2) Bagaimana dampak pembelajaran Achievement Grouping pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Achievement Grouping pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023 2) Untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran Achievement Grouping pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulannya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data selama dilapangan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran Achievement Grouping pada mata pelajaran fikih mencakup: a) langkah-langkahnya yaitu: membaca doa dan asmaul husna, guru memotivasi peserta didik dengan berbagai cara yang positif, setelah itu bersama-sama peserta didik mulai membuka materi masing-masing untuk memahami halaman yang sudah ditentukan, penutup dengan bacaan doa dan salam penutup. b) Untuk kelebihannya yaitu pemberdayaan kepada tenaga pendidik serta kemudahan mengajar dalam menyampaikan materi dan kemudahan bagi siswa dalam menerima materi pembelajaran c) kekurangannya munculnya stigma negatif bagi siswa yang berada pada kelas rendah dan sombong bagi yang ada pada kelas yang lebih tinggi. 2) Dampak dari pembelajaran Achievement Grouping yaitu: a) Dampak positif dari penerapan pembelajaran Achievement Grouping pada mata pelajaran fikih adalah siswa memiliki rasa nyaman ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi. b) Dampak negatifnya yaitu tidak semua pihak setuju dengan pegelompokan peserta didik dan siswa dengan kemampuan rendah akan merasa minder.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Man MUHAMMAD HAFID
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:06
Last Modified: 13 Jul 2023 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26987

Actions (login required)

View Item View Item