KONSEP TOLERANSI DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-KAFIRUN KAJIAN TAFSIR ORAL OLEH USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE CHANNEL

Nisa, Silvi izzun (2023) KONSEP TOLERANSI DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-KAFIRUN KAJIAN TAFSIR ORAL OLEH USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE CHANNEL. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Silvi izzun nisa WATERMARK.pdf

Download (17MB)

Abstract

a Kunci: Toleransi, Surah Al-Kafirun, Tafsir Oral, Ustadz Adi Hidayat
Sikap toleransi yang baik hanya toleransi dalam ranah sosial, tidak sampai pada ranah akidah tujuannya agar manusia khususnya ummat islam tidak gampang ikut-ikutan atau terpengaruh oleh ajaran lain dengan alasan toleransi. Dalam al-Qur’an salah satu yang menjelaskan sikap konsep toleransi yang baik tidak berlebihan adalah Qur’an surah al-Kafirun. Penjelasan ini disampaikan oleh salah satu ustadz terkenal di Indonesia, yaitu: Ustadz Adi Hidayat, bahwa turunnya QS. Al-Kafirun memberikan kejelasan lebih lagi menjadi solusi bagaimana ummat muslim harus konsisten, tegas dan terbuka terhadap identitas agamanya dan menyikapi toleransi yang benar kepada agama lain tanpa harus mengikuti ajarannya.
Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini ialah, 1) Bagaimana penafsiran secara lisan Qur’an surah al-Kafirun oleh Ustadz Adi Hidayat?, 2) Apa ciri kelisanan Ustadz Adi Hidayat menfsirkan QA. Al-Kafirun?, 3) Bagaimana relevansi penafsiran QS al-Kafirun yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis penafsiran secara lisan QS. Al-Kafirun oleh Ustadz Adi Hidayat, 2) Untuk menganalisis ciri kelisanan Ustadz Adi Hidayat menfsirkan QS. Al-Kafirun, 3) Untuk mengnalisis relevansi penafsiran secara lisan QS al-Kafirun oleh Ustadz Adi Hidayat di kehidupan saat ini.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitianya adalah etnografi dan kajian pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-analisis Subjek penelitian ini menggunakan video-video penjelasan penafsiran secara lisan QS al-Kafirun oleh Ustadz Adi Hidiyat terkait konsep toleransi beragama yang sudah dipublikasikan di sosial media youtube channel. Teori yang digunakan adalah teori kelisanan dan keaksaraan dari Walter J Ong dan teori analisis wacana dari Roger Fawles dll.
Hasil pembahasan penelitian ini 1) konsep toleransi beragama penafsiran QS al-Kafirun menurut Ustadz Adi Hidayat terdapat aturan toleransi yang indah sehingga dari penjelasan itu setiap manusia khususnya umat muslim harus mempunyai prinsip akidah yang kuat serta mempunyai sikap konsisten dalam beragama, agar tidak terjadi sikap berlebihan dalam menyikapi individu yang berbeda berkeyakinan dengan alasan toleransi. 2) Terdapat lima ciri kelisanan penafsiran Ustadz Adi Hidayat. 3) Relevansi penafsiran QS al-Kafirun dengan kehidupan saat ini yaitu bersikap toleransi yang benar serta memiliki sikap konsisten dalam beragama dan tidak berlebihan menurut istilah Ustadz Adi Hidayat adalah zero tolerance dalam aspek akidah, sedangkan toleransi yang benar hanya dalam aspek sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: mrs silvi nisa
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:09
Last Modified: 13 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26994

Actions (login required)

View Item View Item