URGENSI PERJANJIAN PERKAWINAN DALAM MEMBENTUK KELUARGA HARMONIS (STUDI PADA KUA SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER)

fauzan, ahmad (2023) URGENSI PERJANJIAN PERKAWINAN DALAM MEMBENTUK KELUARGA HARMONIS (STUDI PADA KUA SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Fauzan Revisi Sidang watermak.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Fauzan, 2023: Urgensi Perjanjian Perkawinan Dalam Membentuk Keluarga Harmonis (Studi Pada Kua Sumbersari Kabupaten Jember).

Kata Kunci: Perjanjian Perkawinan, Keluarga Harmonis

Harta menjadi salah satu hal penting dalam hidup seseorang yang membangun rumah tangga, karena dalam mengarungi urusan kehidupan tidak akan terlepas dari harta yang diperoleh atau yang sudah dimiliki sebelumya. Dan tidak dapat dipungkiri segala urusan hidup apalagi terkait rumah tangga pasti sangat tergantung pada materi. Kecukupannya menjadi prioritas utama seorang suami selaku kepala rumah tangga dan istri sebagai pengontrol dalam segi keuangan. Jika masalah finansial tidak mencukupi bahkan sangat kurang, kedua pasangan suami dan istri ini bisa saja berbuat nekat dengan penuh rasa keterpaksaan dapat menjadi seorang pengamen, pengemis dan gelandangan sekalipun. Bahkan masalah tersebut bisa menjadi awal mula terjadinya sebuah pertengkaran, percekcokan yang mengakibatkan keluarga tidak lagi harmonis.
Adapun fokus penelitian yang digunakan yaitu: (1) Apa Saja Faktor Yang Mendorong Adanya Perjanjian Perkawinan di KUA Sumbersari? (2) Bagaimana Urgensi Perjanjian Perkawinan Dalam Membentuk Keluarga Harmonis?
Tujuan penelitian dalam hal ini yaitu: (1) Untuk Mendeskripsikan Faktor Yang Mendorong Adanya Perjanjian Perkawinan di KUA Sumbersari. (2) Untuk Mendeskripsikan Urgensi Perjanjian Perkawinan Dalam Membentuk Keluarga Harmonis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum empiris dengan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian hukum. Adapun dipilihnya jenis penelitian ini karena penelitian ini dilakukan dengan cara meneliti sebuah kasus atau fenomena yang terjadi di masyarakat untuk mendapatkan data yang faktual dan akurat.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Faktor yang mendorong terjadinya perjanjian perkawinan adalah Faktor ekonomi yang meliputi harta kekayaan bawaan dari pasangan masing-masing, faktor keluarga yang mengantisipasi adanya perebutan hak atas harta dari pasangan tersebut, faktor diri sendiri yang merasa kurang memiliki rasa percaya satu sama lain, menjalin hubungan yang tidak lama dan perkawinan akibat perjodohan. (2) Perjanjian perkawinan bisa dikatakan penting dengan alasan kedua pasangan ingin mengatisipasi terjadinya peristiwa buruk akibat perceraian, ingin berkomitmen secara jelas bukan hanya ijab qabul saja melainkan ada kesepakatan di atas kertas, ingin berjuang bersama-sama dalam membangun keluarga yang harmonis dengan perjanjian perkawinan sebagai pengingat dikemudian hari, sebagai bentuk pembelajaran setelah terjadi perceraian di luar sana serta sebagai penyemangat bahwa keluarga adalah segalanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180118 Labour Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ahmad Fauzan Fauzan
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:07
Last Modified: 13 Jul 2023 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27000

Actions (login required)

View Item View Item