Implementasi Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Pada Usia Anak

Maghfiroh, Tigia Syahrotul (2023) Implementasi Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Pada Usia Anak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI TIGIA SYAHROTUL M..pdf

Download (11MB)

Abstract

Tigia Syahrotul Maghfirah, 2023 : Implementasi Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Pada Usia Anak.
Kata kunci: Implementasi, Peraturan Bupati Lumajang, Pernikahan Pada Usia Anak
Pernikahan pada usia anak masih sering terjadi di Indonesia salah satunya di Kabupaten Lumajang, tidak sedikit yang mengajukan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Lumajang. Permohonan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Lumajang selama Tahun 2019-2022 mengalami kenaikan bahkan penurunan. Pada tahun 2020 mengalami peningkatan yang signifikan yaitu terdapat 1045 pemohon sejak adanya Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Lumajang mengambil kebijakan sebagai tindak lanjut mencegah pernikahan pada usia anak melalui Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020 tentang pencegahan pernikahan pada usia anak.
Berdasarkan masalah tersebut, maka fokus penelitian ini yaitu 1) Apa faktor yang melatarbelakangi lahirnya Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020 tentang pencegahan pernikahan pada usia anak? 2) Bagaimana Implementasi Peraturan Bupati Lumajang tentang pernikahan pada usia anak? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Peraturan Bupati Lumajang tentang pencegahan pernikahan pada usia anak ? penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi lahirnya Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 Tahun 2020 tentang pencegahan pernikahan pada usia anak, dan 2) untuk mengetahui Implementasi Peraturan Bupati Lumajang tentang pencegahan pernikahan pada usia anak dan yang terakhir 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Peraturan Bupati Lumajang.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan Menggunakan pendekatan hukum empiris. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) latar belakang lahirnya Peraturan Bupati Lumajang nomor 23 tahun 2020 terbagi menjadi tiga bagian yaitu, latar belakang filosofis, latar belakang sosiologis dan latar belakang yuridis. 2) Implementasi Peraturan Bupati Lumajang Nomor 23 tahun 2020 telah dilaksanakan melalui sosialisasi namun belum berjalan efektif karena sosialisasi hanya diberikan kepada instansi terkait dan belum secara keseluruhan. 3) Faktor pendukung terlaksananya Peraturan Bupati ini dipengaruhi oleh bebrapa faktor yaitu koordinasi antar lembaga, peraturan UU, dan Perbub. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor orang tua,ekonomi, budaya, pendidikan dan alokasi anggaran yang masih belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Tigia syahrotul Maghfiroh
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:44
Last Modified: 13 Jul 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27005

Actions (login required)

View Item View Item