IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 TENGGARANG

Muhammad Ihya', Ulumuddin (2023) IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 TENGGARANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi_Skripsikuuu_fix_aminnn[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Ihya’ Ulumuddin, 2023. Implementasi Metode Student Teams Achievement Division Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso
Kata Kunci: Pembelajaran Metode Student Teams Achievement Division, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Permasalahan dalam pembelajaran selalu ada, bahkan disinyalir semakin lama semakin bertambah seiring dengan perubahan masyarakat dan meningkatnya tuntutan standar mutu. Penggunaan metode dan model dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. terhadap kualitas komunikasi siswa. Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran PAI dan BP adalah, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail. SMAN 1 Tenggarang Bondowoso merupakan sekolah yang mendukung dan menerapkan metode Student Teams Achievement dalam pembelajaran PAI dan BP.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana Persiapan Metode Student Teams Achievement Division dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi Sub Al-Quran di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso? 2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Student Teams Achievement Division dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi Sub Al-Quran di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso? 3) Bagaimana Evaluasi Metode Student Teams Achievement Division dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi Sub Al-Quran di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso?
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian dipilih dengan cara Purposive. teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian : 1) Persiapan Metode Student Teams Achievement dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi al-qur’an meliputi membuat rencana pembelajaran sebelum memulai kelas serta memutuskan apa yang harus dilakukan ketika proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan Metode Student Teams Achievement dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi al-qur’an meliputi kegiatan awal (menyampaikan tujuan, metode, menjelaskan materi dasar), Kegiatan Inti (menyampaikan informasi, membentuk beberapa kelompok), kegiatan penutup yaitu: menyampaikan kesimpulan, refleksi terhadap pembelajaran. 3) Evaluasi Metode Student Teams Achievement dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi al-qur’an yaitu evaluasi formatif dan sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ulumuddin Muhammad Ihya'
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:41
Last Modified: 13 Jul 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27007

Actions (login required)

View Item View Item