MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUS SHOLEH KEDUNG SUMUR PAKUNIRAN PROBOLINGGO

Umar, Muhammad (2023) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUS SHOLEH KEDUNG SUMUR PAKUNIRAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Umar, 2022: Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo
Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, meningkatkan Minat Belajar, Manajemen Kelas
Manajemen peseta didik merupakan kegiatan – kegiatan yang bersangkutan dengan masalah peserta didik di sekolah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan serta menempatkan posisi personal sesuai dengan keahliannya tujuan tercapai secara optimal termasuk bidang pendidikan dalam meningkatka minat belajar siswa.
Fokus Penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo? 2). Bagaimana penjaringan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo? 3). Bagaimana pembinaan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo? 4). Bagaimana kelulusan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo. 2). Untuk mendeskripsikan penjaringan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo.3). Untuk mendeskripsikan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo.4). Untuk mendeskripsikan kelulusan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).Perencanaan peserta didik merupakan suatu aktivitas memikirkan tentang hal-hal yang harus dilakukan berkenaan dengan peserta didik disuatu sekolah, sejak peserta didik masuk sekolah sampai peserta didik lulus dari sekolah. 2).Peningkatan minat belajar siswa merupakan salah satu tugas seorang pendidik agar dalam proses belajar mengajar berjalan efektf dan fesien. ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar. 3).pembinaan peserta didik adalah pembinaan terhadap peserta didik yang meliputi layanan-layanan khusus yang menunjang manajemen peserta didik itu sendiri.4). Kelulusan merupakan lulusan yang memiliki kemampuan atau kompotensi baik kompetensi akademik maupun kompetensi kejuruan yang dilandasi oleh kompetensi personal dan sosial serta nilai-nilai akhlak mulia, yang keseluruhannya merupakan kecakapan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Umar
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:59
Last Modified: 13 Jul 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27008

Actions (login required)

View Item View Item