HUBUNGAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS NURUL MUBTADI'EN BETEK KRUCIL PROBOLINGGO

Aziz, Moh. Muhaiminul (2023) HUBUNGAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS NURUL MUBTADI'EN BETEK KRUCIL PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KYAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WM Moh. Muhaiminul Aziz.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Sarana dan Prasarana Pendidikan, Motivasi Kerja, Siswa

Sarana dan prasarana pendidikan adalah sebuah elemen penting yang memfasilitasi dan mendukung seluruh rencana sekolah agar dapat dilaksanakan secara kondusif. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu, hasil penelitiannya menjelaskan bahwa tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu terdapat sebagian siswa yang memiliki nilai motivasi belajar yang tidak tinggi, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hubungan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dengan motivasi belajar siswa Mts Nurul Mubtadi’en Betek Krucil Probolinggo.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dengan motivasi belajar intrinsik siswa MTs Nurul Mubtadi’en Betek krucil Probolinggo, hubungan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa MTs Nurul Mubtadi’en Betek krucil Probolinggo, dan mengetahui hubungan motivasi belajar intrinsik dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa MTs Nurul Mubtadi’en Betek krucil Probolinggo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi dari penelitian ini adalah 23 siswa dengan sampel penelitian mengambil seluruh siswa MTs Nurul Mubtadi’en Betek Krucil Probolinggo.

Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa nilai sig. sebesar 0,304 > 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan antara variabel sarana dan prasarana pendidikan dengan motivasi belajar intrinsik siswa. Dari hasil uji hipotesis lainnya, diketahui nilai sig. sebesar 0,415 > 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan antara variabel sarana dan prasarana pendidikan dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa. Untuk hasil uji hipotesis selanjutnya juga diketahui bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara variabel motivasi belajar intrinsik dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moh. Muhaiminul Aziz
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:02
Last Modified: 13 Jul 2023 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item