Penerapan sistem ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri Ma’had Darul Muta’allimin Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

Rohmah, Faiqotur (2023) Penerapan sistem ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri Ma’had Darul Muta’allimin Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIQOTUR ROHMAH_T20181128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: sistem ta’zir; kedisiplinan santri

Lingkungan pesantren adalah lingkungan yang sangat menganjurkan perilaku disiplin. Hal ini dikarenakan kegiatan dipondok pesantren yang padat, sehingga menuntut santri untuk tepat waktu disegala kegiatan. Untuk menjaga kedisiplinan santri, pada umumnya setiap pesantren memberikan sanksi-sanksi edukatif atau biasanya disebut dengan takziran. Masing-masing pesantren mempunyai punishment yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatan kesalahan atau pelanggarannya.

Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana kedisiplinan santri di ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi; 2) Bagaimana penerapan ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri ma’had Darul Muta’alilimin MAN 1 Banyuwangi; 3) Bagaimana peningkatan kedisiplinan santri di ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kedisiplinan santri ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi, 2)Mendeskripsikan penerapan sistem ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi, 3)Mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan santri ma’had Daul Muta’allimin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Kedisiplinan santri di ma’had Darul Muta’alimin MAN 1 Banyuwangi yaitu Disiplin waktu, disiplin beribadah, disiplin sikap yaitu dalam mengikuti sholat jama’ah, mengikuti kegiatan intensif sore dan kegiatan diniyah malam, serta berperilaku sopan dan santun terhadap ustad/ustadzah. 2) Penerapan sistem ta’zir di ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi yakni sudah dikatakan berjalan dengan baik, pelanggaran yang dilakukan oleh santri tidak begitu berat atau bisa dikatakan ringan. Biasanya ta’ziran yang diberikan berupa membaca Al-Quran, menghafalkan kosa kata dan membaca istighfar, penyitaan, sesuai pelanggaran yang dilakukan. 3) Peningkatan kedisiplinan santri di ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi yakni para santri mengalami peningkatan dalam hal disiplin yaitu Disiplin waktu, disiplin beribadah, disiplin sikap yaitu dalam mengikuti sholat berjama’ah, mengikuti kegiatan intensif sore dan kegiatan diniyah malam, serta kegiatan ma’had yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Faiqotur Rohmah
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:47
Last Modified: 13 Jul 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item View Item