Pemanfaatan Video Pemasaran Produk Orang Lain Di Shopee Affiliatte Berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah

Firdosika, Fia Sabila (2023) Pemanfaatan Video Pemasaran Produk Orang Lain Di Shopee Affiliatte Berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, Universitas islam Negeri kiai haji ahcmad siddiq jember.

[img] Text
FIA SABILA FIRDOSIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fia Sabila Firdosika, 2023.Pemanfaatan Video Pemasaran Produk Orang Lain Di Shopee Affiliatte Berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah.

Kata Kunci : Video Pemasaran Produk Orang Lain, Shopee Affiliatte, Hukum Ekonomi Syariah

Shopee ialah aplikasi untuk berbelanja paling laris di Indonesia. Karena dengan adanya aplikasi berbelanja seperti Shopee, masyarakat lebih mudah dalam urusan berbelanjaSelain untuk berjualan dan belanja, Shopee mempunya bisnis yang dapat diikutin oleh siapa saja. Kegiatan tersebut bernama Shopee Affiliatte. Shopee Affiliatte ialah suatu kegiatan menyebarkan link sebuah produk pada Shopee yang nantinya bisa ada yang membeli barang dengan menggunakan link tersebut, orang yang menyebarkan link akan mendapatkan komisi. Namun dengan maraknya Shopee Affiliatte, ada kejadian yang dapat merugikan masyarakat. Banyak akun abal-abal yang mengambil video promosi orang lain untuk menyamakan barang yang ada di video promosi dengan barang yang ada link tanpa melihat kualitas dan merk yang sama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah 1) Mengapa affiliator memnafaatkan video promosi orang lain pada sistem Shopee Affiliatte. 2) Bagaimana hukum pemanfaatan video promosi milik orang lain pada sistem Shopee Affiliatte dalam perspektif HES?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan alasan affiliator dalam memanfaatkan video promosi orang lain pada sistem Shopee Affiliatte. 2) Untuk menganalisis mengenai hukum pemanfaatan video promosi milik orang lain pada sistem Shopee Affiliatte berdasarkan perspektif HES. Metode yang digunakan penulis ialah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris. Jenis penelitian ini fokus kepada hukum yang berada ditengah-tengah masyarakat.
Hasil kesimpulan skripsi ini adalah 1) Alasan affiliator memanfaatkan video promosi orang lain pada sistem Shopee Affiliatte ialah karena mayoritas affiliator tidak memiliki contoh barang yang dipromosikan dan kemudahan bagi affiliator menggunakan video promosi orang lain tanpa harus membuat video promosi barang sendiri. 2) Hukum pemanfaatan video promosi milik orang lain pada sistem Shopee Affiliatte dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah ialah haram, apabila affiliator menggunakan video promosi milik orang lain tidak memiliki izin dari pemilik video, jika barang yang dipromosikan tidak sesuai dengan deskripsi dalam video baik jenis dan bentuk barangnya. Senada dengan Fatwa MUI Nomor 1 Tahun 2003 Tentang Hak Cipta, bahwa menggunakan video orang lain tanpa mencatumkan sumber ialah pembajakan dan pembajakan sangat diharamkan dalam ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Fia Sabila Firdosika
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:55
Last Modified: 13 Jul 2023 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27022

Actions (login required)

View Item View Item