SEJARAH PERKEMBANGAN DAN KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM TERHADAP MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN ISLAM (2001-2019)

Usnia, Komariatul (2023) SEJARAH PERKEMBANGAN DAN KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM TERHADAP MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN ISLAM (2001-2019). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KOMARIATUL USNIA - U20184055.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sejarah perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum yang didirikan oleh KH. Ahmad Sa’id dan diteruskan oleh KH. Lutfi Ahmad yang terletak di Desa Cangkring Jenggawah Jember. Pada dasarnya setiap pondok pesantren pasti memiliki perkembangan dari berbagai segi sedangkan dalam konteks ini peristiwa tersebut terjadi pada Pondok Pesantren Madinatul Ulum yang didirikan oleh KH. Ahmad Sa’id dan dikembangkan oleh penerusnya yaitu KH. Lutfi Ahmad. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan pertama yang ada di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman pesantren mulai berkembang dan mengalami pengklasifikasian. Klasifikasi pesantren bisa dibagi menjadi 3 bagian, yang terdiri dari: pondok pesantren salaf (tradisional), campuran (terpadu), dan khalaf (modern).
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah; 1. Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember? 2. Bagaimana perkembangan pondok pesantren Madinatul Ulum di Desa Cangkring Kecamatan Janggawah Kabupaten Jember pada tahun 2001-2019? . 3, Bagaimana kontribusi pondok pesantren Madinatul Ulum terhadap masyarakat dan pendidikan islam pada tahun 2001-2019?
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan menekankan terhadap kekuatan analisis dan interpretasi. Teknik pengumpulan data mulai dari metode penelitian sejarah. Teori yang penulis gunakan yaitu teori-teori continuity (berlanjut) and change (perubahan), teori peran dan teori kepemimpinan karismatik yang digunakan unruk menjelaskan KH. Lutfi Ahmad dan perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum pada tahun 2001-2019.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Madinatul Ulum berdiri sejak tahun 1984 oleh KH Ahmad Said dan di teruskan oleh putra pertamanya KH lutfi Ahmad pada tahun 2001. Pondok Pesantren Madinatul Ulum mulai terlihat perkembangannya sejak tahun 2015 yang mana pada waktu jumlah santri naik begitu pesat dan ada beberapa kitab yang dirubah. Kontribusi Pondok Pesantren Madinatul Ulum menerapkan sistem yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum, serta adanya program-program yang lain, seperti program pendidikan, program perekonomian, serta program sosial. Hal ini diambil sebagai perwujudan untuk mencetak generasi yang berkualitas secara fisik, mental dan spiritual serta berwawasan IPTEK. Hal itu nantinya akan menjadi bekal santri lulusan Pondok Pesantren Madinatul Ulum dalam menghadapi tantangan diera globalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Komariatul Usnia Usnia
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:53
Last Modified: 13 Jul 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27024

Actions (login required)

View Item View Item